SOLOPOS.COM - Rumah Sakit UNS menggelar kegiatan Donor Darah di Gedung MERC 2 Rumah Sakit UNS, pada Selasa (14/11/2023).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit UNS menggelar kegiatan Donor Darah di Gedung MERC 2 Rumah Sakit UNS, pada Selasa (14/11/2023).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, dalam kegiatan ini RS UNS menjalin kerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unsur Pelaksana RS UNS, Palang Merah Indonesia (PMI) Solo, Medical Center UNS, dan KSR UNS

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Acara Donor Darah dibuka oleh Plt. Bidang Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T dan dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan UNS, Ny. Budhi Jamal Wiwoho beserta pengurus, Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) dan Direktur Rumah Sakit UNS beserta jajaran direksi sekaligus pengurus DWP UP RS UNS.

Prof Kuncoro berpesan tentang pentingnya donor darah untuk kesehatan, harapan beliau kegiatan sosial seperti donor darah dapat dilakukan rutin di lingkungan UNS maupun Rumah Sakit UNS.

Tim rumah Sakit UNS sukses menggelar kegiatan Donor Darah di Gedung MERC 2 Rumah Sakit UNS, pada Selasa (14/11/2023).(Istimewa)
Tim rumah Sakit UNS sukses menggelar kegiatan Donor Darah di Gedung MERC 2 Rumah Sakit UNS, pada Selasa (14/11/2023).(Istimewa)

Sesuai dengan harapan Prof Kuncoro, Donor Darah yang diadakan di Rumah Sakit UNS mendapat perhatian dan partisipasi oleh banyak pihak. Dengan partisipasi pendonor yang tinggi, 50 kantong darah sukses terkumpul selama 4 jam kegiatan. Tidak hanya dari pegawai Rumah Sakit UNS saja, namun banyak pendonor yang berasal dari Civitas Akademika UNS, pasien, dan masyarakat umum.

Calon pendonor harus melalui screening awal untuk kesiapan sebelum donor, dimulai dari mengecek kesehatan tubuh secara umum. Kemudian, calon pendonor cek HB darah, apabila HB tidak memenuhi syarat maka calon pendonor tidak bisa donor darah. Rumah Sakit UNS rutin mengadakan aksi donor darah setiap 3 bulan sekali.

Aksi donor darah merupakan bentuk kepedulian antarsesama dan membantu orang lain sebab 1 kantong darah dapat menyelamatkan banyak nyawa. Pedonor juga mendapat banyak manfaat untuk kesehatannya seperti membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga kesehatan organ jantung selain itu Donor darah juga bisa sebagai cara mendeteksi penyakit serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya