SOLOPOS.COM - Siswa mengikuti pengecekan kesehatan mata di SMA Batik 1 Solo yang digelar Rumah Sakit Mata Kota Solo berkolaborasi dengan Solopos Media Group, Kamis (7/12/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO – Rumah Sakit (RS) Mata Solo kembali menggelar program Rumah Sakit Mata Solo Goes to School, Kamis (7/12/2023). Di penghujung 2023 ini, Rumah Sakit Mata Solo Goes to School mengunjungi SMA Batik 1 Solo, untuk melakukan edukasi dan pemeriksaan mata gratis.

Edukasi dilakukan dengan memberikan pemahaman mengenai kesadaran untuk menjaga kesehatan mata. Terutama di tengah era digitalisasi saat ini. Dimana sebagian besar masyarakat, terlebih kalangan anak muda atau pelajar, telah sangat akrab dengan gadget. Meski di beberapa hal keberadaan gadget memberikan manfaat, terutama dalam hal untuk mengakses informasi, namun penggunaannya juga harus diperhatikan. Terutama untuk memperhatikan kesehatan mata.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Edukasi mengenai kesehatan mata tersebut disampaikan oleh Dokter Spesialis Mata, dr. Kautsar Abiyoga, Sp.M, M.Ked.Klin. Dia menyampaikan mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata sejak dini. Terutama ketika sering menatap layar gadget. Dimana jika aktivitas menatap gadget tersebut tidak dilakukan dengan benar, akan menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS).

Secara umum CVS muncul sebagai bentuk kelelahan otot mata. Penyebabnya karena terlalu lama menatap monitor gadget seperti layar computer, HP atau laptop. CVS bisa dicegah, salah satunya dengan sering mengistirahatkan mata, dan menjaga kebiasaan baik saat menatap monitor. Misalnya masalah posisi duduk, jarak mata dengan monitor, pencahayaan ruangan dan sebagainya.

Dr. Kautsar mengatakan untuk mengistirahatkan mata, dapat dilakukan dengan 20-20-20 rule. Dimana setiap 20 menit menatap layar gadget, harus diistirahatkan selama 20 detik, caranya dengan melihat objek sejauh 20 kaki.

Kegiatan edukasi tersebut diikuti para siswa SMA Batik 1 Solo dengan penuh antusias. Hal itu terlihat dari banyaknya siswa yang berebut untuk mengajukan pertanyaan kepada dr. Kautsar seputar kesehatan mata.

Penyuluhan

Dokter Spesialis Mata dr. Kautsar Abiyoga memberikan materi kepada ratusan siswa mengikuti workshop kesehatan mata di SMA Batik 1 Solo, yang digelar Rumah Sakit Mata Kota Solo berkolaborasi dengan Solopos Media Group, Kamis (7/12/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo).
Dokter Spesialis Mata dr. Kautsar Abiyoga memberikan materi kepada ratusan siswa mengikuti workshop kesehatan mata di SMA Batik 1 Solo, yang digelar Rumah Sakit Mata Kota Solo berkolaborasi dengan Solopos Media Group, Kamis (7/12/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo).

Selain edukasi tentang kesehatan mata, pada acara tersebut juga digelar pemeriksaan mata gratis yang diikuti oleh sejumlah siswa dan guru SMA Batik 1 Solo. Selain itu ada pula edukasi mengenai bijak menggunakan media sosial yang disampaikan oleh Tim Multimedia Solopos Media Group, Jafar Shodiq.

Sementara itu Kepala Unit Pemasaran Rumah Sakit (RS) Mata Solo, Drs. Moh. Syafril Nusyirwan, MM., mengatakan kegiatan tersebut lebih ditujukan sebagai upaya penyuluhan kesehatan mata yang selalu digaungkan Rumah Sakit Mata.

“Alasannya, karena penggunaan gadget saat ini sudah merebak, pelajar harus dibekali pengetahuan tentang dampak yang bisa mengganggu kesehatan mata, sehingga bisa mengambil langkah-langkah antisipasi,” kata dia.

Sebelumnya Rumah Sakit Mata Solo juga telah menggelar kegiatan serupa di beberapa sekolah Tingkat dasar. Kegiatan di SMA Batik 1 Solo kemungkinan akan menjadi kegiatan Rumah Sakit Mata Solo Goes to School yang terakhir di tahun ini. Namun dia memastikan kegiatan serupa kembali akan digelar di 2024.

Pihak sekolah berharap informasi yang didapatkan dalam acara tersebut bisa dipahami para siswa. Dengan begitu siswa mengerti apa yang tidak disarankan dan apa yang harus dilakukan untuk mendukung kesehatan mata. Termasuk bagaimana cara menggunakan gadget secara aman.

“Acara ini diharapkan bisa memberikan pengalaman baru. Semoga ada banyak hal yang didapatkan dan bermanfaat bagi siswa semua,” kata Kepala SMA Batik 1 Solo, Sutana, dalam sambutannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya