SOLOPOS.COM - Para siswa kelas 6 SD Lazuardi Kamila Solo mengikuti pemeriksaan mata gratis di sekolahnya dalam acara Rumah Sakit Mata Solo Goes to School, Rabu (30/8/2023).(Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit (RS) Mata Solo kembali menggelar program Rumah Sakit Mata Solo Goes to School, Rabu (30/8/2023). Kali ini RS Mata mengunjungi SD Lazuardi Kamila Solo, untuk melakukan edukasi dan pemeriksaan mata gratis.

Kegiatan tersebut menyasar siswa-siswi kelas 6. Seperti biasanya, kegiatan tersebut diawali dengan edukasi dan tanya jawab mengenai kesehatan mata. Materi edukasi kesehatan mata disampaikan oleh dokter umum RS Mata Solo, dr. Khairani Azizah Ardityastiti.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Salah satu guru di SD Lazuardi Kamila Solo, Kurniawati Marfuah, mengatakan kegiatan tersebut menjadi sangat bermanfaat. Sebab apa yang disampaikan dan digelar di kegiatan tersebut sangat berkaitan dengan kesehatan mata para siswa dan kebiasaan keseharian para siswa.

“Tadi di awal acara ada edukasi tentang mata dan kesehatan mata. Itu sangat penting. Juga disampaikan tentang bagaimana posisi menulis yang benar, posisi membaca yang benar. Jadi informasi ini sangat penting. Bagaimana menjaga mata agar tidak minus, atau tidak bertambah minusnya,” jelas dia saat ditemui Solopos.com, Rabu.

Kegiatan tersebut juga menjadi ajang pembelajaran secara langsung. Sebab selain para siswa mendapatkan informasi dari dokter, juga ada pemeriksaan mata. Setelah itu ada pemeriksaan mata, dimana para siswa bisa mengetahui secara langsung bagaimana kesehatan matanya.

Pihaknya berharap informasi yang didapatkan pada acara tersebut bisa dipahami para siswa. Dengan begitu siswa dapat mengerti apa yang tidak disarankan dan apa yang harus dilakukan untuk mendukung kesehatan mata. Termasuk bagaimana cara menggunakan gadget secara aman. Sebab seperti diketahui, di tengah era digital saat ini, penggunaan gadget seakan seperti sudah menjadi kebiasaan banyak orang, termasuk pelajar.

Sedangkan untuk hasil pemeriksaan mata yang digelar hari itu, akan disampaikan kepada orang tua siswa. Dengan begitu harapannya ketika ada keluhan, dapat segera ditindaklanjuti.

Sementara itu Kepala Unit Pemasaran Rumah Sakit (RS) Mata Solo, Drs. Moh. Syafril Nusyirwan, MM., mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Rumah Sakit Mata Solo Goes to School yang sebelumnya juga digelar di sekolah lain.

Acara tersebut merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) RS Mata Solo.

“Kami melihat, terutama di era digital saat ini, menjaga kesehatan mata sangat penting. Jadi ini bentuk tanggung jawab kami secara sosial sebagai lembaga atau institusi kesehatan di Kota Solo,” jelas dia.

Melalui acara tersebut diharapkan pemahaman anak dan kesadarannya untuk menjaga kesehatan, khususnya mata, semakin meningkat. Dengan sehatnya pengelihatan para siswa diharapkan akan semakin mendukung dan lebih fokus dalam belajar.
Setelah dilakukan sosialisasi mengenai kesehatan mata, selanjutnya dilakukan pemeriksaan mata secara gratis. Ada sekitar 30 siswa kelas 6 serta sekitar 15 guru yang ikut dalam kegiatan pemeriksaan mata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya