SOLOPOS.COM - Pertunjukkan Kelompok Barongsai Tripusaka di Solo Grand Mall, pada Minggu (22/12/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Ribuan orang memadati lobi Solo Grand Mall untuk melihat pertunjukkan Barongsai Tonggak dari Kelompok Barongsai Tripusaka Solo dalam rangka perayaan Imlek, Minggu (22/1/2023) siang.

Acara tersebut merupakan puncak acara perayaan Imlek yang diadakan oleh mal pertama di Kota Bengawan tersebut.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Berdasarkan pantauan Solopos.com, warga mulai memadati kawasan lobby hingga pintu keluar dan pintu masuk mulai pukul 09.30 WIB.

Mereka terlihat duduk-duduk santai dan untuk menunggu pertunjukkan barongsai tonggak dari Kelompok Barongsai Tripusaka. Mereka rela berdesak-desakan untuk untuk jadi penonton yang terdepan.

Sekitar pukul 12.00 WIB suara simbal memecah gemuruh suara kerumunan tersebut, atraksi dimulai. Para orang tua rela menggendong anaknya di leher demi melihat pertunjukkan tersebut.

Pertunjukkan dibuka dengan liak-liuk dari liang-liong berwarna hijau, sontak penonton ikut bertepuk tangan. Atraksi dilanjutkan dengan empat hingga lima barongsai dengan berbagai warna mulai menunjukkan kebolehannya.

Atraksi barongsai tersebut kerap memacu adrenalin penonton. Para pemain naik ke tonggak kemudian mulai melompat-lompat dari satu tonggak ke tonggak lainnya.

Setelah selesai tampil di areal lobby Solo Grand Mall, liang-liong dan barongsai tersebut mulai memasuki dalam mal untuk mengambil angpau yang telah disediakan. Tak jarang pula ada warga yang menyetop kemudian mengajak barongsai tersebut untuk berswafoto.

General Manager Solo Grand Mall, Bambang Sunarno, mengatakan sebagai pelopor mal di Kota Solo, pihaknya memang selalu mengadakan perayaan Imlek di Solo Grand Mall.

Bambang berharap untuk perayaan Imlek ke depan bisa dipercantik dan diubah serta mematangkan kondisi yang sudah ada, sehingga pengunjung lebih nyaman dan bisa melihat penampilan dengan baik.

“Pada 2023 nanti, kami akan tingkatkan lagi daya tarik. Sehingga Solo Grand Mall bukan hanya untuk tempat berbelanja saja, tapi bisa juga menikmati hiburan dan edukasi untuk semua kalangan, bagi anak-anak ataupun dewasa,” ujar Bambang.

Public Relations Solo Grand Mall, Irenika Kusumaningrum, mengatakan puncak perayaan Tahun Baru China di Solo Grand Mall memang ditutup dengan barongsai tonggak yang digelar Minggu ini.

Sebelumnya pihaknya telah menggelar berbagai macam event untuk perayaan Imlek, seperti fashion show.

“Beberapa event Imlek tersebut bernuansa merah, karena identiknya seperti itu, tahun ini kan tahun baru kelinci air, jadi kami juga ada logo-logo rabbit untuk dekorasi atau pameran di dalam. Dari dulu, tiap tahun kami selalu menyelenggarakannya pertunjukkan barongsai tonggak. Karena jarang yang mengadakan, kalaupun ada hanya atraksi barongsai biasa, kalau Solo Grand Mall identik dengan barongsai tonggak,” terang Irenika.

Setiap tenant di dalam mal sendiri sudah mempersiapkan angpau di bagian atasnya sebagai rangkaian atraksi barongsai tersebut. Barongsai tersebut mengelilingi mal dan mengambil angpau tersebut satu persatu.

Hari menurutnya antusiasme penonton begitu luar biasa.  “Karena kemarin tidak ada atraksi barongsai tonggak, hanya di dalam mal, jadi hari ini terjadi lonjakan pengunjung Solo Grand Mall. Untuk penonton sendiri bisa dibilang ribuan ini,” ujar Irenika.

Pembina Kelompok Barongsai Tripusaka, Ws Adjie Chandra, mengatakan bahwa ia memang selalu mengiyakan permintaan pihak Solo Grand Mall dalam perayaan Imlek setiap tahunnya.

“Sudah sepuluh tahun lebih tampil di sini [Solo Grand Mall], langganan. Jadi kami memang mengutamakan, kalau ada orang yang minta pas Imlek, saya tolak, berapa mau bayar. Dari dulu di sini,” terang Adjie.

Sementara itu, salah penonton, Indah menjelaskan bahwa ia menunggu pertunjukkan barongsai tersebut dari pukul 10.00 WIB.

Wanita berusia 33 tahun ini datang bersama buah hati dan suaminya. Ia sengaja datang ke Solo Grand Mall hari ini karena memang mengiyakan ajakan buah hatinya yang berusia tujuh tahun untuk melihat barongsai. “Bagus, tapi bikin deg-degan,” terang Indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya