SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api berhenti. (Dok. Solopos.com-Antara)

Solopos.com, SOLO — Tiket KA Ekonomi Solo-Jakarta dengan kisaran harga paling murah Rp175.000 cukup diminati.

Namun itu merupakan harga lama dengan kursi tegak. Sementara, kabar terbaru PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tengah melakukan modifikasi kursi tegak pada kelas ekonomi non-subsidinya.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Kursi kereta ekonomi yang baru ini disebutkan dapat direbahkan dan disesuaikan sandarannya.

Tak hanya merombak kursi kereta ekonomi menjadi baru, pihak KAI juga bakal mengkaji penyesuaian tarifnya nanti. Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Didiek Hartantyo, Kamis (25/3/2023) seperti dilansir Bisnis.com. 

“Perombakan kursi, kami targetkan tahun ini. Untuk tarifnya nanti disesuaikan lah. [Termasuk] toilet-toilet juga akan diperbaiki sehingga para penumpang akan semakin nyaman,” kata Didiek kepada media di Sarinah, Kamis (25/3/2023).

Selain merombak jenis kursi kelas ekonomi, Didiek menyampaikan mulai Juni 2024, KAI juga akan mempercepat waktu tempuh perjalanan KA menjadi lebih singkat. Jumlah waktu yang dipersingkat ini berbeda-beda untuk masing-masing kereta, dengan rata-rata selama 61 menit – 71 menit.

Modifikasi kursi kereta ekonomi jadi baru itu bertujuan meningkatkan kualitas layanan seiring dengan meningkatnya taraf hidup dan daya beli masyarakat.

“Perombakan kursi, kami targetkan tahun ini. Untuk tarifnya nanti disesuaikan lah. [Termasuk] toilet-toilet juga akan diperbaiki sehingga para penumpang akan semakin nyaman,” kata Didiek.

KA Ekonomi

Dilansir dari situs resmi kai.id, Kereta Api Kelas Ekonomi  merupakan kelas yang paling ekonomis dari semua kelas di kereta api. Kereta api kelas ekonomi memiliki 80 hingga 106 kursi dalam satu kereta, dan merupakan kelas dengan kursi paling banyak.

Saat ini, kondisi kelas kereta satu ini banyak mengalami perubahan mulai dari adanya AC hingga stop kontak. Sama seperti yang lain, Kelas ini juga memiliki rak bagasi untuk menaruh barang-barang dan toilet yang bersih.

Kisaran tarif KA Ekonomi memang cukup beragam sesuai dengan lokasi berangkat dan tujuan. Namun yang pasti, kelas ekonomi merupakan kelas kereta yang paling murah.

Meski disebut kurang nyaman, kelas ekonomi nyatanya paling diminati ketimbang kelas lainnya. KA Ekonomi dari Solo-Jakarta misalnya, jumlah dan nama keretanya cukup beragam.

KA Brantas Solo-Jakarta kelas ekonomi dipatok tarif Rp155.000/ orang. Sementara, KA Matarmaja ekonomi Solo-Jakarta seharga Rp210.000 per orang.

KA Majapahit kelas ekonomi Solo-Jakarta juga lebih mahal yakni Rp280.000/orang. KA kelas ekonomi Solo-Jakarta dengan tarif di bawah Rp300.000 memang cukup banyak dicari.

Sementara, KA kelas ekonomi Solo-Jakarta dengan tarif di atas Rp300.000 sedikit diminati. Terbukti, harga tiket di atas Rp300.000 masih banyak tersedia di situs KAI Access.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Selamat Tinggal Kereta Api Kursi Tegak! KAI Rombak KA Ekonomi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya