SOLOPOS.COM - Ilustrasi BUMN (kementeri BUMN)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengumumkan bahwa rekrutmen Bersama BUMN 2023 ditunda.

Pembukaan rekrutmen dengan tahapan pendaftaran harusnya dilaksanakan pada Jumat (5/5/2023) diundur menjadi 11 Mei 2023. Namun hal ini ditunda karena sejumlah alasan

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Melalui akun Instagram resminya, FHCI mengatakan penundaan pendaftaran ini dilakukan agar masyarakat lebih siap dan maksimal. Hal senada juga diinformasikan melalui Instagram resmi Kementerian BUMN.

“Pembukaan dan registrasi online Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 menjadi 11 Mei 2023. Dengan harapan dapat memberikan ruang bagi para talenta muda untuk melakukan persiapan lebih optimal,” tulis FHCI dalam unggahan resmi akun instagram @fhci.bumn, seperti dipantau Minggu (7/5/2023).

Dibuka pada minggu depan, batas pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023 ini tak diketahui akan ditutup kapan. FHCI BUMN pun tak menjelaskan apakah penundaan registrasi ini akan berdampak kepada timeline tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 secara keseluruhan.

Sebelumnya apabila menilik pada tahun lalu, tahapan rekrutmen Bersama BUMN 2023 dimulai dari pendaftaran dan seleksi administrasi. Kemudian apabila lolos, peserta dapat mengikuti serangkaian tes yang terdiri dari TKD, Bahasa Inggris, dan wawancara masing-masing instansi yang dilamar.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan maksud diadakannya Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Rekrutmen karyawan kali ini tidak dilakukan secara individu oleh masing-masing perusahaan BUMN, melainkan secara bersamaan.

“Rekrutmen tidak individu. Karena saya ingin menyatukan BUMN sejak awal. Karena terkadang terjadi arogansi antara satu perusahaan dengan satu perusahaan lainnya. Ini tidak akan terjadi lagi nanti,” ujar Erick dalam Ramah Tamah Bersama Media di Jakarta seperti dilansir Antara, Rabu (3/5/2023).S

Sebelumnya, jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2023 telah disusun. Bagi setiap pelamar, wajib memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Pertama, Registrasi Rekrutmen BUMN 2023, mulai 5 hingga 20 Mei 2023. Kedua, Pengumuman Hasil Registrasi pada tanggal 1 Juni 2023. Ketiga, Tes Kemampuan Dasar dan Akhlak, mulai 10 sampai 19 Juni 2023.

Keempat, Pengumuman Hasil Tes Kemampuan Dasar dan Akhlak, pada 28 Juni 2023. Kelima, Tes Bahasa Inggris, berlangsung dari tanggal 8 sampai 12 Juli 2023. Keenam, Pengumuman Tes Bahasa Inggris, pada 19 Juli 2023.

Ketujuh, Tes BUMN meliputi Tes Kompetensi Bidang, User Interview, Socmed Analytic dan Digital Mindset, Medical Check Up, berlangsung mulai tanggal 22 Juli hingga 9 Agustus 2023.

Kedelapan, Pengumuman Akhir, berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem, pada tanggal 16 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya