SOLOPOS.COM - Sejumlah penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) saat menunggu keberangkatan di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023). PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) menjalankan uji coba operasional dengan penumpang tidak berbayar dengan total 8 perjalanan per hari dari Stasiun Halim ke Tegalluar dan kapasitas penumpang 2200 orang per hari dari tanggal 14 September hingga 30 September 2023. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.

Solopos.com, JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan Kereta Cepat Whoosh berhasil mencapai jumlah penumpang tertinggi sejak dioperasikan, yaitu sebanyak 11.329 penumpang pada keberangkatan Sabtu (21/10/2023).

Jumlah tersebut tercapai melalui 22 perjalanan Kereta Cepat Whoosh dengan perincian 14 perjalanan reguler dan delapan perjalanan tambahan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, menyebutkan rata-rata okupansi Kereta Cepat Whoosh pada 21 Oktober 2023 mencapai 86 persen. Beberapa di antaranya mencapai lebih dari 95 persen untuk rute dan jadwal tertentu.

Adapun, jadwal perjalanan dengan tingkat okupansi di atas 95 persen, yaitu Whoosh keberangkatan Stasiun Halim pukul 16.45 WIB dan 18.00 WIB serta Whoosh keberangkatan Stasiun Tegalluar maupun Stasiun Padalarang pukul 16.45 WIB.

Sedangkan yang memiliki okupansi di atas 90 persen, yakni Whoosh keberangkatan Halim pukul 06.40 WIB, 07.30 WIB, 08.45 WIB, 09.45 WIB, 10.20 WIB, dan Whoosh keberangkatan Stasiun Tegalluar maupun Stasiun Padalarang pukul 15.35 WIB dan 17.35 WIB.

KCIC menyebut, membludaknya jumlah penumpang tersebut menunjukkan tingginya animo masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Whoosh untuk perjalanan Jakarta-Bandung.

Sejak terpantau adanya peningkatan jumlah pemesanan, KCIC langsung mengantisipasi dengan menambah perjalanan, sehingga dapat mengakomodir permintaan masyarakat.

Berdasarkan data penjualan tiket, KCIC mencatat jumlah penumpang pada Minggu ini juga masih tinggi, di mana sebanyak 10.968 penumpang yang telah melakukan pemesanan tiket untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh ke berbagai rute dengan rata-rata okupansi mencapai 83 persen dan beberapa perjalanan mencapai 96 persen.

KCIC menyatakan jumlah tersebut masih sangat dinamis dan mungkin bertambah karena penjualan masih terus berlangsung.

Melihat masih tingginya minat masyarakat terhadap layanan Kereta Cepat Whoosh pada Minggu, Eva mengatakan KCIC akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang. KCIC akan menyiapkan dan meningkatkan layanan di area stasiun mulai dari ruang tunggu, loket, area komersial hingga di dalam perjalanan.

KCIC juga akan terus berkoordinasi dengan KAI dan para pemangku kepentingan lainnya untuk mempersiapkan angkutan pemadu moda guna melayani penumpang yang ingin meneruskan perjalanan dari ke Cimahi, Bandung maupun destinasi lainnya.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas tingginya animo masyarakat terhadap Kereta Cepat Whoosh. Semoga saja Kereta Cepat Whoosh bisa terus menjadi moda pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung ataupun sebaliknya,” ujar Eva lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya