SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengakses Kredivo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Dikarenakan tidak memiliki slip gaji, dulu para pekerja lepas atau freelance, cukup kesulitan untuk mendapatkan akses kredit. Namun tidak sekarang, karena sudah ada fintech yang menyediakan layanan kredit online, pinjaman tunai, hingga pembayaran paylater.

Tidak bisa dimungkiri kalau fintech, dengan segala layanannya kini cukup menjadi primadona masyarakat. Sampai-sampai e-commerce besar seperti Bukalapak kini menyediakan pembayaran Bukalapak paylater untuk memudahkan transaksi para penggunanya.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Lalu, di antara banyaknya fintech yang ada sekarang, ada rekomendasi fintech yang memiliki fitur all in one dan juga bisa digunakan untuk pembayaran Bukalapak paylater, yaitu Kredivo.

Mengapa Kredivo direkomendasikan untuk para freelancer? Berikut alasannya.

Kredivo, Aplikasi Kredit Online Tanpa Slip Gaji

Meski tidak memerlukan slip gaji, tetapi Kredivo memiliki syarat pendaftaran yang terbilang mudah bagi para freelancer, antara lain:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Indonesia
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Lalu, ada dua opsi akun yang tersedia di Kredivo saat Anda melakukan pendaftaran, yaitu:

  • Akun Basic: pendaftarannya lebih singkat, limit maksimal Rp3 juta, bisa menikmati layanan cicilan sampai 3 bulan.
  • Akun Premium: pendaftarannya membutuhkan NPWP sebagai bukti penghasilan, limit maksimal s.d. Rp50 juta, bisa menikmati layanan cicilan s.d. 12 bulan.

Jika Anda ingin menggunakan Kredivo untuk transaksi cicilan yang jumlahnya besar, daftar akun Premium lebih disarankan dibanding akun Basic, karena limit yang disediakan lebih besar dan opsi cicilannya lebih beragam.

Namun, ada syarat tambahan, yaitu berdomisili di area-area berikut:

Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Demak, Klaten, Kendal, Kudus, Banyuwangi, Bitung, Kampar, Minahasa dan Minahasa Utara.

Pilih salah satu opsi akun lalu ikuti tahapan pendaftaran sesuai instruksi yang ada di aplikasi. Dalam 1×24 jam setelah selesai daftar, Anda akan mendapatkan notifikasi apakah pendaftaran disetujui atau ditolak. Semua proses pendaftaran akun Kredivo berbasis online dan hanya bisa dilakukan melalui aplikasi resminya, ya.

Layanan Utama Kredivo yang Bisa Dinikmati

Dari segi layanan, Kredivo menawarkan tiga opsi berikut ini khususnya bagi pengguna Premium:

Pertama adalah layanan paylater dalam 30 hari tanpa bunga. Seperti kartu kredit yang bayar tagihannya tiap akhir bulan, Kredivo juga punya opsi paylater di mana Anda bisa bertransaksi tanpa minimal tertentu dan bayarnya 30 hari kemudian tanpa dikenakan bunga. Misalnya, untuk jajan makanan, beli baju di e-commerce, dan berbagai produk lainnya.

Lalu, yang kedua adalah cicilan 0%. Layanan ini termasuk yang paling populer karena hanya dengan minimal 500 ribu, Anda bisa memilih atau membayar dengan metode cicilan 0% pakai Kredivo yang opsi tenornya maksimal 3 bulan.

Yang ketiga, ada juga opsi cicilan dengan tenor yang lebih panjang yaitu 6 dan 12 bulan. Bedanya, cicilan ini memiliki suku bunga sebesar 2.6% per bulan. Opsi cicilan ini bisa dimanfaatkan apabila Anda berniat mengambil cicilan dengan jumlah yang besar, sehingga cicilan bulanannya bisa lebih ringan.

Anda bisa menggunakan layanan ini untuk pembayaran Bukalapak paylater dan juga bisa digunakan di ribuan merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo, mulai dari Tokopedia, Lazada, Zalora, Tiket.com, Digimap, Erafone, iBox, IKEA, hingga Alfamidi.

Yang terakhir, ada fitur pinjaman tunai di aplikasi Kredivo. Di mana fitur ini berfungsi untuk mencairkan limit Kredivo yang Anda miliki menjadi pinjaman tunai secara resmi. Cicilan dana bulanan yang bisa diajukan mulai dari Rp500 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dengan limit yang Anda punya. Pinjaman di Kredivo memiliki suku bunga 2.6% per bulan dengan tenor cicilan maksimal sampai 6 bulan.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan layanan dari Kredivo? Yuk, download aplikasinya di Apps Store atau Play Store yang ada di ponsel Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya