SOLOPOS.COM - Ilustrasi smartphone (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO — Handphone (HP) bekas atau seken masih menjadi magnet bagi konsumen. Dengan harga yang lebih murah, pembeli bisa membeli HP sesuai grade yang diinginkan. Berikut adalah rekomendasi HP seken yang bisa dibeli dengan harga Rp2 juta hingga Rp3 juta di Plaza Singosaren Solo.

Ketua Paguyuban Pelaku Bisnis Pasar Singosaren (Pakubaris) Solo, Dendy Noviandra, menguraikan saat ini HP Android merek Samsung menjadi primadona baik jenis baru atau seken sejak awal 2023 ini. Hal ini Dendy ungkapkan saat ditemui Solopos.com beberapa waktu lalu.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Dalam membeli handphone seken tentu harus mempertimbangkan beberapa hal. Setidaknya ada tiga halnya yang harus dicek ketika membeli handphone seken.

Pertama, apakah HP seken tersebut bisa menggunakan kartu perdana all operator atau tidak. Kedua, perlu dicek apakah liquid crystal display (LCD) HP over charger atau tidak. Ketika HP sudah terlalu over charger, maka akan LCD akan terlihat gosong atau hitam. Hal ini bisa dicek secara kasat mata.

Ketiga, pembeli harus mengecek kelengkapan produk misalnya charger, kardus, dan lain-lain. Memastikan bahwa HP tersebut merupakan produk resmi.

Membeli HP seken yang disarankan yakni masa penggunaan HP tersebut maksimal enam bulan hingga setahun pemakaian. Karena paling tidak bisa memperoleh peforma 80%, walaupun hal ini berkaitan dengan maintance atau perawatan dari penggunanya.

Kelemahan membeli HP seken sendiri adalah ketahanan baterai HP yang berkurang. Sebab, hal ini berkaitan dengan usia penggunaan bateri tersebut.

Berikut rekomendasi HP seken yang paling diminati di Plaza Singosaren Solo.

Untuk harga Rp2 juta bisa membeli HP seken all brand, tergantung kebutuhan konsumen. Namun HP yang paling banyak dicari pada rentang harga ini adalah Samsung A32, Samsung A13, Xiaomi Note 10 Pro, dan Iphone seri 6 ataupun Iphone seri 7.

Dengan harga Rp2 jutaan, bisa mendapatkan Samsung A32 yang rilis 2021 dengan spesifikasi RAM 6G atau RAM 8G dengan internal storage 128 GB, dengan chipset Helio G80 fabrikasi 12 nm dari MediaTek, dan telah dibekali baterai 5.000 mAh.

Atau dengan Rp2 juta bisa mendapatkan Xiaomi Note 10 Pro, dengan spesifikasi RAM 8G dengan internal storage 128 GB, dengan chipset chipset Snapdragon 732G, dan telah dibekali baterai 5.020 mAh.

Iphone 7 seken yang dirilis 2016 lalu, bisa didapatkan dengan harga maksimal Rp2 juta, dengan spesifikasi internal storage mulai 32 GB dan 64 GB dan kapasitas baterai sebesar 1.960 mAh.

Samsung tipe A, bisa dibeli mulai Rp3 juta, misalnya Samsung A52 dan Poco X3 NFC. Kemudian untuk harga Rp5 juta, peminat HP seken bisa memperoleh Iphone XR.

Misalnya Samsung A52 seken bisa didapatkan dengan harga Rp3 jutaan dengan spesifikasi panel display Super AMOLED 6,5 inci, kamera selfie yang dimuat dalam lubang itu beresolusi 32 MP. Dengan chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB/256 GB. Spesifikasi lainnya dengan baterai 4.500 mAh dan NFC. Iphone 8 yang rilis 2018 juga bisa didapatkan dengan harga Rp3 jutaan, dengan berbekal storage sebesar 64 GB, IOS 12, RAM 3 GB dan dibekali dengan kamera belakang 12 MP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya