SOLOPOS.COM - Prosesi syukuran HUT Rumah BUMN Rembang yang ke-3 dengan pemotongan tumpeng oleh CEO Rumah BUMN Rembang, Yeni Indah Lestari, dan disaksikan Senior Manager of Communication & CSR, Dharma Sunyata, dan perwakilan dari stakeholder terkait di halaman Rumah BUMN Rembang, Sabtu (2/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG – Memperingati HUT yang ke-3 Rumah BUMN (RB) Rembang PT Semen Gresik yang dikelola secara co-partnership bersama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menggelar Festival UMKM Kokoh edisi ke-2 pada 1 – 2 September 2023 di halaman RB Rembang.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, dan Direktur Keuangan & SDM PTSG, Fardhi Sjahrul Ade, beserta CEO RB Rembang, Yeni Indah Lestari.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dijelaskan Yeni Indah Lestari kegiatan ini mengusung tema festival karena diramaikan dengan berbagai kegiatan diantaranya Bazaar UMKM, berbagai perlombaan, hingga fashion show kolaborasi antardesainer ternama se-Kabupaten Rembang.

Selain kemeriahan, Festival UMKM Kokoh ini juga berfokus pada kegiatan yang mendorong peningkatan kompetensi dan skills komunitas dan milenial seperti berbagai workshop optimalisasi konten, workshop menghias hantaran, workshop make up untuk mendukung industri kreatif yang bertumbuh sangat pesat di kabupaten Rembang.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wujud syukur atas keberhasilan Semen Gresik mendorong pemberdayaan UMKM, Komunitas, dan Millennials sehingga RB Rembang secara signifikan mampu membukukan transaksi Rp 2,92 M pada tahun ke-3 ini,” jelas Yeni Indah Lestari dalam keterangan persnya, Senin (4/9/2023).

Dia menambahkan, di usia yang terbilang masih muda hingga kini RB Rembang berhasil mencatatkan total 285 UMKM binaan yang berhasil naik kelas, dan mampu menggelar 69 kali pelatihan sejak beroperasi 2020 lalu.

Peserta UMKM Kokoh edisi ke-2 berfoto bersama dengan jajaran Manajemen PT Semen Gresik dan SIG beserta perwakilan dari Dindakopukm Rembang pada puncak Awarding Festival UMKM Kokoh di Halaman RB Rembang, Sabtu (2/9/2023). (Istimewa)
Peserta UMKM Kokoh edisi ke-2 berfoto bersama dengan jajaran Manajemen PT Semen Gresik dan SIG beserta perwakilan dari Dindakopukm Rembang pada puncak Awarding Festival UMKM Kokoh di Halaman RB Rembang, Sabtu (2/9/2023). (Istimewa)

Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik, Fardhi Sjahrul Ade, memberikan selamat dan apresiasi setinggi – tingginya atas pencapaian RB Rembang selama ini.

Di usianya yang ke-3, RB Rembang dinilai telah berhasil melaksanakan kinerjanya yang luar biasa, dengan terus berkomitmen memberdayakan UMKM untuk naik kelas.

“Pencapaian yang paling signifikan adalah berhasil mengirimkan ribuan produk UMKM binaan pada Tong Tong Fair 2022 di Den Haag Belanda, serta berhasil meyelenggarakan program penjualan hampers selama bulan Ramadhan di tahun 2023 dengan total pesanan dan nilai transaksi Rp1,23 miliar selama ini,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz, menuturkan sinergitas yang baik antara pemerintah Kabupaten Rembang dengan PT Semen Gresik berhasil mendorong UMKM Rembang untuk terus bertumbuh secara signifikan dalam menjalankan transformasi bisnisnya.

“Melalui festival UMKM Kokoh ini, menjadi salah satu bentuk support kepada para pelaku UMKM agar bisa meningkat dari sisi kualitas maupun produktivitas. Harapannya, semoga kerja sama ini terus berlanjut sehingga mampu mendukung menggerakkan roda perekonomian masyarakat Rembang dan sekitarnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya