SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel. (Horeepik)

Solopos.com, SOLO — Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo mengatakan Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Pasar Kliwon, mendongkrak okupansi hotel di Kota Solo hingga mencapai 98%. Bahkan beberapa hotel terpaksa harus menolak tamu yang akan menginap.

Menurut Sekretaris PHRI Solo, Basid Burhanudin, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (3/11/2023), ada beberapa lokasi yang menjadi favorit bagi para peserta Haul untuk menginap.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Okupansi hotel saat ini memang sangat ramai, yang saya lihat komunikasi antar hotel, sudah banyak yang menolak tamu atau kelebihan pesanan. Karena sudah tidak lagi mampu menampung tamu di hotelnya. Untuk favoritnya berdasarkan lokasi di daerah Pasar Kliwon, bahkan ada beberapa hotel yang memang sudah dipesan habis sejak jauh-jauh hari,” ujarnya.

Basid tidak menampik dengan tingginya okupansi, tarif menginap juga ikut meningkat. Ia menyebut kenaikan harga hotel saat Haul Habib Ali mencapai 150 persen. “Kalau kenaikan jelas ada, sesuai kebijakan masing-masing hotel, kenaikannya mencapai 150 persen,” tegasnya.

Kenaikan harga hotel juga dikatakan oleh Menurut General Manager Hotel Grand Mercure, Djati A. Wijaya. Ia menuturkan saat ini okupansi hotel sudah mencapai 98 persen selama gelaran Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

“Peningkatan jelas ada, saat ini okupansi kami sudah mencapai 98 persen untuk tanggal 2,3 dan 4 November 2023. Yang menjadi favorit itu kamar yang kelas Superior,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (3/11/2023).

Djati menambahkan, seiring dengan okupansi hotel yang naik, tarif kamar di Hotel Grand Mercure juga mengalami peningkatan. Ia menjelaskan, Hotel Grand Mercure menganut sistem dinamic pricing yang menyesuaikan permintaan.

“Kami menganut dinamic pricing, artinya harga mengikuti demand dari pasar. Jadi tentu saja ada harga yang kami siapkan berbeda dengan saat permintaan rendah. Untuk kenaikannya saat ini mencapai 57,62 persen di Haul ini,” tegasnya.

Sebagai informasi, Acara tersebut digelar untuk memperingati wafatnya ulama karismatik dari Yaman, yakni Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi.

Pada tahun ini, acara haul akan diselenggarakan mulai 1 November-5 November 2023 dengan puncak acaranya diadakan pada 4 November 2023 pukul 09.00 WIB.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Haul Solo diadakan di kompleks Masjid Riyadh, Jl Kapten Mulyadi, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya