SOLOPOS.COM - Serangkaian acara Safety Briefing dan Bazar Swadaya yang diadakan Gojek bersama Ditlantas Polda Jateng di Semarang di Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah . (Istimewa/Gojek).

Solopos.com, SEMARANG —  Selama 12 tahun perjalanannya, Gojek telah memberikan dampak sosial yang telah dirasakan oleh banyak orang termasuk mitra-mitranya.

Sebagai bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo, Perusahaan, atau GoTo), ekosistem digital terbesar di Indonesia, Gojek senantiasa berupaya meningkatkan kesejahteraan jutaan mitra beserta keluarganya melalui Program Swadaya serta mengedepankan aspek keamanan bagi mitra dan penggunanya.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Setelah sebelumnya diadakan di Jakarta, kali ini Gojek bersama Ditlantas Polda Jateng menyelenggarakan kembali Safety Briefing dan Bazar Swadaya bagi ratusan mitranya di Semarang di Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah.

Acara ini nantinya juga akan diadakan di beberapa kota lain di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan untuk menguatkan komitmen bersama mengenai pentingnya keselamatan berkendara sekaligus sebagai dukungan Polda Jawa Tengah dan Gojek terhadap keamanan serta
keselamatan penumpang dan mitra driver dari resiko kecelakaan lalu lintas.

Head of Regions and External Affairs, Gede Manggala, menyampaikan perlindungan dan kenyamanan bagi seluruh pihak, termasuk mitra driver dan pelanggan merupakan hal utama dalam ekosistem Gojek.

“Sejak 2019, atas dasar kesamaan visi bersama, Gojek telah menjadi pelopor kerja sama dengan Korlantas dalam meningkatkan keselamatan berkendara, khususnya bagi mitra driver Gojek yang memang sehari-harinya berada di jalan untuk mengantar penumpang maupun barang dan makanan sampai ke tujuan. Kami juga terus mengupayakan berbagai inisiatif untuk memastikan keselamatan dan keamanan
pengguna melalui berbagai fitur teknologi dan rangkaian program #AmanBersamaGojek.”

Gede menambahkan, ratusan ribu mitra driver Gojek dari 21 kota di Indonesia telah mengikuti pelatihan keselamatan berkendara yang dilaksanakan secara tatap muka dalam beberapa tahun terakhir, berkolaborasi bersama berbagai partner strategis termasuk Pemerintah seperti dengan Korlantas Polri.

Dalam rangka memberikan kemudahan untuk mengakses materi pelatihan keselamatan berkendara, kapan saja dan di mana saja, mitra juga dapat mendapatkan berbagai materi edukasi melalui fitur Tips Pintar dalam aplikasi GoPartner, aplikasi yang digunakan sehari-hari untuk operasional mitra, dan telah diakses lebih dari dari satu juta kali.

“Saya mengapresiasi langkah Gojek yang tidak berhenti berinovasi dalam memberikan dukungan serta perlindungan bagi mitra driver, salah satunya melalui edukasi keselamatan berkendara sehingga dapat terus memberikan pelayanan berkualitas bagi masyarakat. Wajah suatu wilayah dilihat dari masyarakatnya dalam berlalu lintas. Kota Semarang khususnya, merupakan kota tertib berlalu lintas. Besar harapan kami, mitra driver Gojek dapat terus menjadi contoh baik bagi masyarakat untuk tertib lalu lintas,” kata Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes. Pol. Drs. Agus Suryo Nugroho, S.H., M.Hum.

Tak hanya Kualitas Layanan, Gojek Dukung Kesiapan Operasional Mitra lewat Program Swadaya Pada Safety Briefing bersama Polda Jateng, Gojek juga menghadirkan Bazar Swadaya sebagai dukungan konkret untuk operasional mitra driver yang nyaman dan aman.

Melalui program Bazar Swadaya yang rutin dijalankan di berbagai daerah, mitra driver Gojek dapat membeli produk perawatan kendaraan dan paket sembako dari para Partner Swadaya dengan harga terjangkau.

Program Swadaya adalah program unggulan gojek dalam pemberian akses manfaat tambahan khusus untuk mitra driver dengan bekerjasama dengan pihak ketiga yang memiliki kesamaan visi dan misi melalui tiga pilar utama, di antaranya:

  • Merencanakan
    Menyediakan program tabungan dan akses ke program pembiayaan melalui program tabungan,
    pinjaman, dan cicilan KPR terjangkau.
  • Melindungi
    Melindungi mitra driver melalui berbagai program asuransi yang berfokus di aset, sosial, dan
    kesehatan, di antaranya perlindungan kecelakaan, kesehatan dan aset mitra (hand phone,
    kendaraan, dan atribut).
  • Mengurangi
    Meringankan beban operasional mitra driver melalui pulsa murah, diskon perawatan kendaraan,
    subsidi belanja harian, dan paket makan murah.

Gede melanjutkan, jutaan mitra yang memberikan pelayanan terbaik dan memanfaatkan teknologi untuk hidup lebih baik merupakan elemen penting penggerak perkembangan ekonomi digital.

Gojek
Serangkaian acara Safety Briefing dan Bazar Swadaya yang diadakan Gojek bersama Ditlantas Polda Jateng di Semarang di Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah . (Istimewa/Gojek).

“Keberanian mitra-mitra kami untuk memanfaatkan teknologi patut diacungi jempol. Dari yang tidak bisa menggunakan smartphone sekarang bisa melayani jutaan masyarakat pengguna Gojek, dari yang tidak punya rekening bank sekarang bisa punya perencanaan keuangan bahkan mencicil rumah lewat KPR,” kata Gede.

Selain yang ditampilkan saat bazar swadaya, berikut ini beberapa program swadaya yang bisa dirasakan oleh Mitra Gojek di Semarang:

1. Swadaya dengan toko, bengkel dan dealer motor serta mobil di Semarang
Bekerja sama dalam bentuk diskon dan promo dengan Astra Semarang, Bengkel Prima Tunggal Mandiri, Astra World, Shop & Drive, Planet Ban, Pertamina, Primewell Autocare dan lain sebagainya.

2. Swadaya Telekomunikasi
Bekerja sama dalam bentuk paket ekonomis khusus mitra dengan Telkomsel, XL/Axis, 3, Smartfren &
Indosat.

3. Swadaya Meals (Paket makanan ekonomis)
Bekerja sama harga khusus serta promo dengan 71 Kantin Swadaya berikut tambahan voucher pembelian dan serta 48 mitra usaha GoFood serta program lainnya.

4. Swadaya Sembako
Program swadaya untuk Pemberian 150 paket sembako untuk Mitra GoRide dan GoCar secara berkala, Program pemberian 100 paket sembako untuk mitra GoRide dan GoCar yang usianya >60 tahun, Program sembako mitra yang terkena bencana, Pemberian Bantuan Sembako kepada Srikandi yang berjuang mandiri (Single Parent), 8 Mitra Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan 8 Ahli Waris Mitra Jaminan Kematian (JKM) dan sebagainya.

5. Swadaya Pendidikan
Bekerja sama dalam pemberian pelatihan, beasiswa bagi anak mitra dan keluarga:

  • Politeknik Negeri Semarang (Polines) dalam program beasiswa April 2020 – sampai sekarang;
  • program beasiswa Universitas Diponegoro program beasiswa 2020 – April 2020;
  • Kursus Bahasa Inggris Anak Mitra Bersama Gramedia Academy 2020 – sampai sekarang total 750 anak mitra berpartisipasi;
  • Februari 2020 – Pengembangan skill dan pengetahuan Bengkel Belajar Mitra(BBM);
  • PPKM (Program Pembinaan Kewirausahaan Mitra); Pelatihan P3K Mitra;
  • Pelatihan Anti Kekerasan Seksual dengan DEMAND dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan sebagainya.

6. Swadaya Kesehatan & Asuransi
Bekerja sama dalam penyediaan asuransi, Vaksinasi (Program J3K – Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan); Penyediaan dan penyelenggaraan Vaksin (Sam Poo Kong) Program Vaksin Tahap 1 & 2 selama Bulan Juni – Agustus; Pemerintah Kota Semarang & Polrestabes Kota Semarang untuk mengadakan Program Vaksinasi Dosis 1 & 2 yang dilakukan padai Mei – Desember 2021 dan
sebagainya.

“Bazar Swadaya yang diadakan hari ini merupakan wujud syukur dan apresiasi kami kepada Mitra Gojek yang telah menjadi garda terdepan dari ekosistem Gojek. Melalui Bazar ini juga, kami menampilkan ratusan Program Swadaya yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan mitra-mitra kami serta program kesejahteraan lainnya yang bisa diikuti oleh lebih banyak mitra,” kata Gede.

Wakil Gubernur Jawa Tengah K.H. Taj Yasin Maimoen menyampaikan beberapa apresiasinya kepada Gojek.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Driver Gojek yang membantu masyarakat Jateng dalam kesehariannya. Kontribusi rekan-rekan driver Gojek telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Kota Semarang dan Jawa Tengah pada umumnya dalam perkembangan ekonomi digital. Semoga berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh Gojek semakin meningkatkan kualitas layanan Gojek sekaligus memotivasi mitra driver Gojek dalam bekerja dan membantu masyarakat,” kata Taj Yasin.



Sejak diluncurkannya Program Swadaya di tahun 2016, jutaan mitra Gojek dan keluarga telah merasakan manfaat langsung dari program ini.

“Melalui kemitraan yang telah terjalin, Gojek dan mitra Gojek menjadi teladan sekaligus pelopor layanan yang mengedepankan aspek keamanan berbasis digital di Indonesia yang telah membantu jutaan masyarakat Indonesia menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Gojek akan terus berinovasi untuk mendorong dan menginspirasi mitra driver naik kelas melalui berbagai program Swadaya. Harapan kami,
semakin banyak mitra Gojek yang membawa dampak positif bagi keluarga dan lingkungannya
masing-masing,” tutup Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya