SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyambangi salah satu booth dari UMKM binaan Pupuk Indonesia saat pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024, Rabu (28/2/2024).(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – PT Pupuk Indonesia (Persero) mendorong dan memfasilitasi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan untuk go global melalui pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024.

Beberapa booth dari UMKM binaan Pupuk Indonesia dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana, Rabu (28/2/2024).

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Selain memberikan pendampingan permodalan dan kompetensi, Pupuk Indonesia juga memfasilitasi mitra binaan untuk mengikuti pameran-pameran, termasuk Inacraft 2024. Kami berharap pameran ini dapat menjadi sarana promosi dan interaksi serta pertukaran informasi mengenai tren produk, khususnya industri kerajinan lokal bagi para mitra binaan kami,” ujar Senior Vice President (SVP) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Indonesia, Junianto Simare Mare, Kamis (29/2/2024) dalam keterangan tertulis.

Inacraft merupakan pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Pameran yang digelar pada 28 Februari hingga 3 Maret 2024 ini diikuti sekitar 1.500 UMKM. Inacraft 2024 juga dihadiri oleh peserta luar negeri seperti Uzbekistan, Nepal, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang, Polandia, Vietnam, China, dan perwakilan negara Asia Tenggara. Di samping itu juga akan dihadiri tamu khusus internasional sebanyak 70 buyers.

Ada sebanyak 19 mitra binaan Pupuk Indonesia Group yang tampil di Inacraft 2024. Perinciannya, enam mitra binaan langsung dari Perkumpulan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Indonesia, tiga mitra binaan Petrokimia Gresik, dan tiga dari Pupuk Iskandar Muda. Kemudian dua mitra binaan Pupuk Kujang, dua dari Pupuk Kalimantan Timur, serta dua mitra binaan Pupuk Sriwidjaja Palembang. Hadir juga satu mitra binaan dari Rakaya Industri.

“Mitra binaan kami memproduksi berbagai macam produk kerajinan yang berkualitas, mulai dari tas, aksesoris, sepatu, fashion, songket, batik dan produk lainnya. Beberapa produk yang dipamerkan juga ada yang berkonsep wastra atau warisan Nusantara,” ujar Junianto.

Ia menambahkan Pupuk Indonesia sebagai produsen pupuk terbesar di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Utara Afrika, memberikan perhatian tinggi kepada pelaku UMKM Indonesia untuk go global. Mengingat UMKM merupakan bagian penting dari perekonomian nasional karena menyumbang hampir 61% Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan mempekerjakan sekitar 97% angkatan kerja.

“Kami melalui program TJSL senantiasa mendukung pertumbuhan UMKM. Kunjungan Bapak Presiden bersama Ibu Negara ke booth UMKM binaan kami di Inacraft 2024 juga menjadi bentuk perhatian beliau terhadap pelaku UMKM agar bisa tumbuh dan bersaing di pasar global. Kunjungan ini tentu menjadi motivasi bagi Pupuk Indonesia untuk bisa berkontribusi lebih baik lagi bagi pertumbuhan UMKM Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut Junianto mengungkapkan bahwa upaya ini juga selaras dengan arahan Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir yang meminta program TJSL BUMN fokus pada tiga bidang, yaitu pendidikan, pengelolaan lingkungan dan pendampingan UMKM.

Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah melaksanakan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia. Dimana sebanyak 257 UMKM diantaranya bergerak di sektor industri termasuk industri kreatif.

“Kami berharap program pembinaan UMKM Pupuk Indonesia bisa terus ditingkatkan sehingga memberikan motivasi bagi para pelaku UMKM untuk semakin inovatif dan mampu bersaing di pasar internasional,” ujar Junianto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya