SOLOPOS.COM - Deretan bus yang membawa rombongan pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed di Terminal Tirtonadi. Senin (5/6/2023) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO —  Terminal Tirtonadi resmi melayani parkir hingga 24 jam secara gratis untuk bus-bus pengunjung Masjid Sheikh Zayed Solo. 

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, mengatakan kepada Solopos.com pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed yang parkir di Terminal Tirtonadi saat malam hari mengalami peningkatan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Kalau malam hari itu banyak pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed yang parkir di sini [Terminal Tirtonadi Solo]. Terutama di malam hari ada peningkatan dibandingkan sebelumnya. Dalam satu malam bisa lebih dari 20 bus besar dengan 60 seat di akhir pekan,” ujarnya Minggu (6/8/2023).

Ia mengatakan Terminal Tirtonadi melayani parkir bagi para pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed selama 24 jam. Meski demikian, untuk shuttle bus yang mengangkut pengunjung hanya beroperasi maksimal pukul 19.00 WIB.

“Untuk parkir pengunjung masjid dipersilahkan 24 jam kami selalu siap. Untuk shuttle bus maksimal sekitar pukul 19.00 WIB, kalau lebih dari itu biasanya naik ojek. Jadi intinya kami dari pihak terminal hanya menyediakan tempat, untuk kebijakan shuttle dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo,” lanjutnya.

Bandiyono juga menjelaskan, semua petugas pengaturan parkir di Terminal Tirtonadi selalu bersiaga 24 jam untuk mengatur bus yang masuk.

Meski begitu, ia mengingatkan kepada para pengunjung yang busnya parkir di Terminal Tirtonadi, untuk mengawasi keamanan barang bawaan masing-masing.

“Untuk pengaturan tetap dibantu Petugas Lalu Lintas Tirtonadi agar tidak mengganggu sirkulasi lalu lintas di dalam terminal khususnya bus reguler. Untuk keamanan diserahkan kepada masing-masing awak dari bus yang parkir, karena belum bertarif dan memang konsep awal adalah terminal hanya menyiapkan tempat secara gratis,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Urusan (Kaur) Lalu Lintas Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Sunardi, mengatakan pihak Terminal Tirtonadi terus menjaga keamanan dan sirkulasi bus pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed.

Menurutnya, semua bus yang masuk sudah disedaiakan tempat parkir yang cukup memadai.

“Pengaturan seperti biasa, kami hanya tempat parkir bus saja. Jadi sesuai tempat yang sudah ditentukan untuk keamanan sendiri pasti kita arahkan masuk ke hall dan menunggu antrian shuttle bus,” ulasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya