SOLOPOS.COM - Pabrik roti vita rasa di Danyung RT 04/RW 02, Baki, Sukoharjo, Rabu (12/04/2023). (Solopos.com/Liliana Nur Hanifa).

Solopos.com, SUKOHARJO — Penjualan roti biasanya mengalami kenaikan omzet selama Ramadan. Namun, kondisi berbeda terjadi di penjualan roti merek Vita Rasa di Danyung, Kecamatan Baki, Sukoharjo.

Selama Ramadan ini Vita Rasa justru mengalami penurunan omzet hingga 50%. “Bulan Ramadan agak menurun banyak sekali, kalau biasanya sebelum Ramadan bikin 19 sak tepung, selama Ramadan hanya 13 sak tepung saja,” kata pemilik toko roti Vita Rasa, Kasidi.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Hal senada disampaikan istri Kasidi, Sukinen, yang mengakui selama Ramadan ini memang menurun penjualannya.

Biasanya mereka bisa menjual 16.000 bungkus roti dalam sehari, kini selama Ramadan hanya terjual setengahnya atau sekitar 9.000 bungkus roti.

“Kalau Ramadan justru lebih sedikit, karena sekarang untuk jaburan [takjil] kebanyakan sudah menggunakan nasi bukan roti lagi,” ujar Sukinen.

Dulu roti produksi mereka banyak digunakan sebagai takjil saat ada kegiatan di masjid. Namun lama kelamaan justru penjualannya malah mengalami penurunan.

Padahal, harga jual roti dibanderol hanya Rp2.000/pcs. Apabila membelinya secara langsung di toko akan mendapatkan harga yag berbeda yakni Rp1.800/pcs.

Setiap harinya roti di toko ini diambil oleh sales-sales dengan jumlah yang lumayan banyak untuk dijual kembali. Selain sales, toko milik Kasidi ini juga melayani pembelian secara grosir dan juga ecer.

“Di sini [toko roti] jenis roti yang dijual bermacam-macam, seperti roti semir, roti pisang, roti enten-enten dan masih banyak lagi macamnya, walaupun roti yang dijual dengan ukuran besar namun soal harga sangat terjangkau sekali,” kata Sukinen.

Proses produksi yang dilakukan setiap hari dari pukul 06.00 WIB sampai selesai, untuk prosesnya masih menggunakan peralatan-peralatan yang tradisional.

Roti yang sudah jadi ditunggu hingga dingin terlebih dahulu, setelah itu dibungkus dengan plastik satu per satu sebelum ditata ke dalam tempat roti yang tersusun dan siap dijual ke pembeli.

Setiap harinya toko roti ini selalu menyiapkan stock baru kepada para pembeli. Walaupun dijual dengan harga yang terjangkau, rasanya tidak kalah dengan roti yang lain.Teksturnya sangat empuk dan di dalamnya terdapat isian yang melimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya