SOLOPOS.COM - Desa Adat Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, JAKARTA  Desa wisata Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mendapatkan penghargaan pada kategori ASEAN Community Based Tourism Award pada gelaran ASEAN Tourisme Forum 2023. Berikut adalah profil desa wisata Wae Rebo yang disebut negeri di atas awan.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina pada Senin (6/2/2023) sore, menyampaikan selamat dan apresiasinya atas penghargaan yang disabet oleh desa wisata Wae Rebo. “Selamat dan apresiasi Wae Rebo selangkah lagi masuk ke kancah internasional,” katanya terkait penghargaan yang diraihnya bersama dengan empat desa wisata lainnya di Indonesia seperti dilansir Antara.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Shana mengatakan bahwa saat ini kualitas dari Wae Rebo sendiri tidak bisa diragukan lagi, apalagi dengan diperolehnya penghargaan tersebut. Justru desa wisata ini sudah saatnya menularkan kearifan lokal dan tradisi yang terjaga di kampung unik tersebut kepada lebih banyak wisatawan baik domestik dan mancanegara kedepannya.

“Sehingga mampu menjadi pusat edukasi kebudayaan Manggarai yang hidup selaras dengan alam,” tegas dia. Shana juga mengatakan penghargaan tersebut sebagai apresiasi bahwa telah diakui di kelompok negara ASEAN, serta mendorong agar Wae Rebo makin giat berbenah ke depannya.

Shana mengimbau kepada masyarakat yang memiliki desa wisata agar menjadikan desa wisata sebagai keunikan wisata di NTT. Tidak hanya indah, tapi menjadi substansi kualitas keberagaman kebudayaan yang luar biasa. Selain itu juga harus semangat membangun desa untuk melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan.

Dilansir dari laman Jadesta Kemenparekraf, Wae Rebo adalah sebuah desa adat terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa ini terletak di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut.

Di kampung ini hanya terdapat tujuh rumah utama atau yang disebut sebagai Mbaru Niang. Desa Wae Rebo menawarkan wisata budaya dan alam yang sangat asri dan unik.

Letaknya yang cukup terpencil dan di atas ketinggian menambah kesan keasriannya. Dengan segala potensinya, para wisatawan yang datang merasakan seperti tinggal di negeri di atas awan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya