SOLOPOS.COM - Pupuk Indonesia mendukung penuh perayaan keberagaman budaya yang digelar oleh Kementerian BUMN, Kelana Wastra Fashion Fest (Kawfest) 2024.(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA Sebagai salah satu holding BUMN, PT Pupuk Indonesia (Persero) tidak hanya berfokus pada industri pupuk dan petrokimia, namun juga secara gencar meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu upaya pemberdayaan yang diwujudkan oleh Pupuk Indonesia adalah dengan mendukung penuh sebuah perayaan keberagaman budaya yang digelar oleh Kementerian BUMN, yaitu Kelana Wastra Fashion Fest (Kawfest) 2024.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Perayaan ini merupakan sebuah wadah akselerasi pertumbuhan sektor UMKM, khususnya yang berkaitan dengan wastra nusantara dan produk fesyen lainnya. Kawfest 2024 merupakan salah satu program kerja sama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Kawfest 2024 yang diselenggarakan pada 25-28 April 2024 di Sarinah, Jakarta Pusat merupakan rangkaian Bazar UMKM untuk Indonesia 2024. Dengan mengangkat tema Kelana Wastra, BUMN bersama Dekranas ingin menunjukkan sebuah gambaran perjalanan melalui keindahan dan keanekaragaman dari warisan Nusantara, serta dalam rangka memahami warisan budaya melalui kain dan desain yang dikemas dalam beberapa rangkaian kegiatan mulai dari Bazar UMKM, Kompetisi Desainer Fesyen (School Fashion Design Competition), hingga Peragaan Busana (Wastra Trunk Show).

Pada acara ini, Pupuk Indonesia turut hadir dengan komitmennya yang tak berubah dalam melestarikan budaya dan mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia terutama di bidang wastra dan kerajinan tangan melalui berbagai program dan kegiatan. Beberapa UMKM binaan Pupuk Indonesia juga berpartisipasi di acara Wastra Trunk Show, di antaranya, Deden Fashion, Batik & Tenun Gedhog Zaenal, dan OG Jewelry.

Direktur Sumber Daya Manusia, Tina T. Kemala Intan yang turut hadir pada pembukaan Kawfest 2024 mengungkapkan, Pupuk Indonesia bangga dapat berperan serta dalam kolaborasi BUMN ini, untuk memajukan UMKM kreatif dan sekaligus mempromosikan kekayaan budaya wastra Indonesia.

“Kami mendukung penuh Kelana Wastra Fashion Fest 2024, yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN, guna mengakselerasi pemberdayaan dan regenerasi pelaku UMKM Wastra, sekaligus menggairahkan ekonomi kreatif Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Kawfest 2024 bukan sekedar pameran atau pagelaran busana, tetapi juga panggung inspiratif bagi generasi penerus desain wastra. Di dalamnya, terdapat Kompetisi Fashion Desainer (School Fashion Design Competition) yang diikuti oleh 10 sekolah mode ternama. Selain menampilkan kekayaan budaya wastra nusantara, acara ini memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk menunjukkan bakat kreatif serta menjaga warisan budaya yang berharga.

Tidak hanya itu, melalui Persatuan Istri Karyawan Pupuk Indonesia (PIKA-PI) Grup, Pupuk Indonesia juga aktif membina UMKM di berbagai wilayah, termasuk yang bergerak di bidang wastra. Kehadiran PIKA PI Grup dalam Kawfest 2024 juga menjadi dukungan nyata bagi para UMKM yang menampilkan kekayaan warisan budaya Indonesia pada Wastra Trunk Show. Melalui Kawfest 2024, kain mitra binaan Pupuk Indonesia, yaitu Batik Teuku berhasil terpilih sebagai bahan kain yang digunakan oleh siswa sekolah mode dalam perlombaan desain fesyen.

Kawfest 2024 juga merupakan upaya nyata Kementerian BUMN dan Dekranas dalam mendukung pengembangan UMKM Wastra di Indonesia serta memperluas pemasaran produk fashion UMKM. Melalui kolaborasi ini, diharapkan industri UMKM fashion, khususnya yang berbasis wastra, dapat semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

“Mari bersama-sama kita dukung dan apresiasi KAWFEST 2024 sebagai salah satu upaya untuk melestarikan warisan budaya, mendukung UMKM, serta mendorong regenerasi generasi penerus dalam dunia desain wastra. Harapannya dari langkah baru melalui Kawfest 2024 ini, Indonesia mampu melahirkan generasi muda bertalenta yang mampu membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah global,” jelas Tina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya