SOLOPOS.COM - Warga antre demi menikmati dawet telasih Bu Dermi di Pasar Gede Solo. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Pasar Gede merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Solo yang memiliki banyak referensi atau pilihan kuliner. Berikut adalah daftar rekomendasi kuliner di Pasar Gede Solo.

Kota Solo menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Jawa Tengah. Saking banyaknya jenis kuliner yang bisa dinikmati di kota ini, tak mengherankan bila Solo mendapatkan sebutan sebagai surga kuliner.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Kuliner khas Kota Solo banyak menyebar di sudut kota. Salah satunya berlokasi di Pasar Gede Solo. Melalui artikel ini, Solopos.com menyajikan lima kuliner legendaris dan populer yang bisa dinikmati di Kota Solo.

  1. Dawet Telasih Bu Dermi

Dawet Telasih Bu Dermi merupakan salah satu destinasi kuliner segar yang menjadi incaran para wisatawan di Pasar Gede. Kuliner segar ini cukup banyak peminatnya. Tak heran Dawet Telasih Bu Dermi ini tidak pernah sepi pegunjung.

Satu porsi es dawet ini bisa dibeli seharga Rp9.000 dengan isian tape ketan, gula putih, bubur sumsum, cendol, ketan hitam dan tentunya selasih yang menjadi ciri khas dari es dawet Bu Dermi. Lalu, bagaimana komentar warga terkait salah satu kuliner legendaris di Pasar Gede ini.

Baca Juga: Mantap! Produksi Kerupuk Kelir Khas Weru Sukoharjo Capai 30.000 Biji Per Hari

“Dawet segar banget, kental gurih enak pokoknya. Lokasi di dalam Pasar Gede lebih gampang lewat pintu utara yang depannya kantor BCA. Untuk harga segitu menurut saya pas karena mengenal nama dawet ini sudah cukup terkenal dan rekomen untuk pelepas dahaga di sekitaran Pasar Gede solo,” demikian review dari Hafizh Athallah salah satu local guide.

Berlokasi di Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Dawet Telasih Bu Dermi mempunyai rating 4,4 dari total 544 review dari local guide. Dawet Telasih Bu Dermi buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

  1. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi liwet yang satu ini juga menjadi salah satu kuliner legendaris yang wajib dicoba saat berkunjung di Pasar Gede. Berlokasi di persimpangan Jl. Suryopranoto dan Jl. Timur Ps. Gede, Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres, tepatnya utara kios buah.

Berdiri sejak 1978, Nasi Liwet Bu Sri menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba. Satu porsi nasi liwet Bu Sri ini berisi telur ayam rebus setengah butir, sayur labu siam, ayam suwir, dan areh dengan harga Rp12.000.

Buka setiap hari kecuali hari Senin, pukul 06.30 WIB sampai 10.00 WIB untuk hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat, bertempat di lantai bawah atau utara kios buah yang kemudian pada pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB pindah ke kios lantai II lebih tepatnya di ruang tengah dekat aula. Jika hari Sabtu dan Minggu, Nasi Liwet Bu Sri buka di lantai II Pasar Gede sejak pagi.

Baca Juga: Suvenir G20 Suryoart Sukoharjo Dilirik Perusahaan Multinasional

Memiliki rating 4,4 dengan 141 ulasan dari local guide. Salah satu local guide, Reno Herdhiansyah mengatakan bahwa, “So delicious and cheap. Mantep, tempatnya cukup strategis di pojok utara Pasar Gede yang bagian buah-buah, rasa nasi liwet enak, lauknya komplit ada ayam, telor bacem, rempelo dan ati, harganya sangat bersahabat, bukanya pagi sampe siang. Ibunya ramah. Bawa duit Rp15 ribu rupiah udah dapet nasi liwet, lauk telur, ayam suwir dan rempelo, plus kerupuk atau air putih. Maknyussss… bisa menerima katering juga. The best. Rekomen banget,” ujarnya mengomentari salah satu kuliner legendaris di Pasar Gede ini.

  1. TFP KopiWarung

Salah satu kuliner ala western di Pasar Gede ini ada di TFP Kopi Warung. Menu yang disediakan juga beragam, semua menu ditulis pada papan tulis menggunakan bahasa Inggris.

Lokasi TFP Kopi Warung ini berada di Jl. Martadinata No. 10, Sudiroprajan, Kec, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Buka setiap hari kecuali hari Minggu, pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB, dan 17.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Memiliki rating 4,7 dengan 1.000 ulasan dari local guide. “Selalu senang kalo ke sini soalnya makanannya enak enakkk. Healthy food but so delicious. Platting-nya juga cakepp kaya di resto-resto meskipun ini lokasinya di pasar. Porsinya juga gedeee. Harga main course berkisar antara 35-45rb. So worth it!!!!,” tulis Idafitriy mengomentari salah satu kuliner legendaris di Pasar Gede Solo ini.

  1. Mie Gajah Mas

Sebagai pecinta mi, pastinya jangan sampai lupa mencicipi mi yang sangat terkenal ini. Kuliner ini berlokasi di Jl. Suryopranoto No. 1, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, atau lebih tepatnya di depan Pasar Gede.

Mempunyai rating 4,3 dengan 1,2 ribu ulasan, menjadikan Mie Gajah Mas ini cukup populer. “Rasa mie enak, gurih, manis. Pangsit besar dan ada isinya. Kuah gurih. Harga terjangkau. Tempat cukup sempit, jika ramai lebih baik take away. Dapat dua sachet saus,” tulis Gigih Ridho.

Baca Juga: Makan Bersama di Kediaman Jokowi, Presiden Uni Emirat Arab Disuguhi Sup Buntut

Mi Gajah Mas ini menyediakan beragam menu mi ayam pangsit, pangsit kuah, bakso goreng, ceker ayam, bakso, kwe tiauw ayam, dan bihun ayam. Dengan harga terjangkau yakni mulai Rp12.000 hingga Rp27.000. Buka setiap hari mulai pukul 11.30 WIB hingga 18.00 WIB.

  1. Uma Yum Cha Dimsum

Destinasi kuliner terakhir, berlokasi di Jl. Utara Pasar Besar, No. 34, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah. Bagi pecinta dimsum yang diracik menggunakan bumbu rahasia yang khas ini patut mencoba salah satu kuliner populer di Pasar Gede Solo ini.

Pengunjung juga dapat menikmati dimsum sambil melihat pemandangan Kota Solo dari lantai II pasar. Tak hanya menjual dimsum, Uma Yum Cha Dimsum ini menyediakan dimsum pangsit dengan beragam variasi isian, dari kepiting, udang, wortel, jamur, daging asap, dan lobster. Serta terdapat bakpao dan ceker kaki naga pedas.

Baca Juga: Sarapan Bareng di Solo, Ini Yang Dibahas Wali Kota Gibran dan Anies Baswedan

Harga yang disajikan juga lumayan terjangkau, mulai dari Rp15.000 per porsi yang berisi empat biji dimsum. Kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Selain memiliki harga yang terjangkau, salah satu kuliner di Pasar Gede Solo ini juga memiliki rating yang sangat bagus yakni 4,7 dengan 857 ulasan.



Still the best dimsum in Solo. Harganya murah, variannya banyak, ada ceker dan bakpao juga. Minus tempat yang kecil aja sih jadi kadang kalau antre sampai berdiri karena saking ramenya. But overall ini dimsum terwenak se-Karesidenan Surakarta,” ujar salah satu local guide, Fitri Anisah.

Demikian informasi terkait kuliner populer di Pasar Gede Solo. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya