SOLOPOS.COM - Ilustrasi BUMN (kementeri BUMN)

Solopos.com, SOLO — Mungkin ada yang penasaran kira-kira badan usaha milik negara (BUMN) apa yang paling kaya saat ini.

Kaya di sini bisa diartikan dengan besarnya aset yang dimiliki atau laba (untung) yang berhasil dicetak. Sebelumnya Menteri Erick Thohir mengungkapkan BUMN siap membagikan dividen kepada negara pada 2023 ini senilai Rp80,2 triliun.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Kemarin rapat dengan Bapak Presiden RI Jokowi dan ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani. Hasil kerja kita [BUMN] tahun kemarin, tahun ini kita akan berikan dividen terbesar sepanjang sejarah BUMN kepada negara Rp80,2 triliun,” ujar Erick Thohir di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Senin (1/5/2023).

Artinya, lanjut Erick, BUMN punya sumbangsih kepada negara, supaya negara tidak hanya mendapatkan pemasukan dari pajak tetapi juga hasil usaha yang baik.

“[Dividen] Untuk apa? Untuk program-program yang mendorong daripada program kerakyatan dari pemerintah seperti bantuan sosial dan sebagainya,” katanya.

Menurut Erick, inilah keseimbangan yang terus dijaga di mana BUMN-nya sehat, tapi memberikan kontribusi kepada rakyat Indonesia.

Lantas aja saja BUMN yang meraih laba tinggi dan layak disebut kaya atau paling kaya saat ini? Dilansir dari idxchannel, Rabu (3/5/2023), berikut sejumlah BUMN yang sepertinya layak masuk daftar tersebut:

1. PT Pertamina (Persero)

Salah satu BUMN paling untung  yang mungkin juga paling kaya di RI adalah PT Pertamina (Persero). Pada 2021, Pertamina berhasil meraup laba bersih mencapai Rp29,2 triliun. Angka tersebut naik sebesar 94,61 persen (YoY). Sepanjang 2022, perusahaan pelat merah ini juga berhasil membungkus laba hingga mencapai USD3,8 miliar atau setara dengan Rp57 triliun. Perolehan tersebut meroket hingga lebih dari 85% dibandingkan torehan laba tahun sebelumnya.

2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

BUMN di sektor perbankan juga berhasil meraup profit jumbo. Salah satu bank BUMN yang meraih laba besar adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). BRI berhasil mencatatkan kinerja impresif sepanjang 2022. Bank pelat merah ini berhasil mencetak laba bersih konsolidasian yang diatribusikan ke pemilik induk hingga mencapai Rp51,17 triliun. Capaian tersebut tercatat naik sebesar 64,71% dibandingkan pencapaian pada 2021.

3. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

Selain BRI, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga berhasil mencatatkan kinerja cemerlang di tahun 2022. Bank Mandiri mencetak laba bersih konsolidasian yang diatribusikan ke pemilik induk sebesar Rp41,2 triliun pada 2022. Capaian tersebut tercatat meningkat 46,89% secara tahunan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

4. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

Profit jumbo juga berhasil diraih PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) sepanjang 2022. Salah satu bank pelat merah ini berhasil membukukan laba bersih konsolidasian mencapai Rp18,3 triliun pada 2022 lalu. Angka tersebut meroket hingga 68% dibandingkan laba bersih pada 2021.

5. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) tampaknya juga layak masuk jajaran BUMN paling kaya karena keuntungan yang diraihnya. Perusahaan telekomunikasi milik negara ini berhasil mencatatkan laba bersih mencapai Rp19,4 triliun pada kuartal III 2022. Capaian tersebut terhitung naik sebesar 4,3% secara YoY.

6. PT Pupuk Indonesia (Persero)

PT Pupuk Indonesia (Persero) juga meraih profit jumbo sepanjang 2022. Perusahaan pelat merah ini berhasil meraup laba bersih mencapai Rp19 triliun. Perolehan tersebut tidak terlepas dari besarnya pendapatan perseroan di tahun 2022 yang mencapai lebih dari Rp100 triliun.

7. PT PLN (Persero)

PT PLN (Persero) juga masuk dalam daftar BUMN paling untung di RI. Perusahaan pelat merah yang berfokus pada distribusi listrik di Indonesia ini berhasil meraup laba bersihnya mencapai Rp13,1 triliun pada 2021. Profit PLN meningkat hingga mencapai Rp15,9 triliun per September 2022 lalu.

Itulah beberapa BUMN paling untung atau kaya di Indonesia yang berhasil meraih profit jumbo hingga puluhan triliun rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya