SOLOPOS.COM - PT Sunwoo Garment Indonesia di Dusun II, Telukan, Grogol, Sukoharjo Kamis (26/1/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SUKOHARJO – PT Sunwoo Garment membuka lowongan bagi tenaga kerja yang berminat bekerja di perusahaan garmen tersebut.

Manager HRD & GA PT Sunwoo Garment, Niko Siahaan, mengatakan lowongan dari perusahaan mereka adalah untuk mengisi line baru di bagian produksi. “Line baru butuh operator sewing, ironing, bartex. Untuk sewing operator kami terima yang berpengalaman,” ujar Niko saat dihubungi Solopos.com Sabtu (6/5/2023).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Jumlah pegawai yang dibutuhkan sebanyak 60 orang. Dia menyebut bagi operator sewing pria dibutuhkan yang berpengalaman satu tahun ke atas, sementara untuk perempuan di atas tiga bulan dan mampu menjahit.

Niko juga menuturkan besaran gaji yang disediakan Sunwoo Garment sebesar UMK Sukoharjo. Niko menambahkan operator sewing adalah pekerjaan di bidang garmen yang bertanggung jawab menjahit bahan baku produksi dan mengoperasikan mesin jahit.

Sementara itu, pekerjaan operator ironing mengharuskan pegawai mengoperasikan mesin ironing, atau menyetrika baju yang sudah dijahit. Selain itu, Niko mengatakan tanggung jawab lainnya adalah menyeterika komponen baju yang akan digunakan sebagai bahan dalam proses menjahit.

Tujuan proses ini adalah menghilangkan kerutan yang tidak diinginkan pada pakaian agar pakaian menjadi lebih baik. Proses ironing mempengaruhi hasil akhir pada pakaian yang diproduksi, sehingga meningkatkan daya tarik produk tersebut.

Pekerjaan selanjutnya adalah di bagian bartex atau mesin bartek yang fungsinya mengunci jahitan pada bagian tertentu, seperti saku atau daerah zipper. Dalam kesempatan berbeda, Niko mengatakan bahwa perusahaan Sunwoo Garment tetap merekrut pegawai baru untuk memenuhi target produksi selama enam bulan ke depan.

Meskipun pasar Amerika Serikat (AS) ditakutkan lesu, tetapi perusahaan garmen di Sukoharjo tersebut memastikan mereka masih dapat bertahan untuk satu semester sepanjang 2023. Perusahaan garmen ini mengekspor produk mereka ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Tahun ini produk yang tetap diminati adalah pakaian anak-anak dan jaket musim dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya