SOLOPOS.COM - Pelepasan ekspor perdana produk unggas PT CPI ke Singapura. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Pada Rabu (13/7/2022), bertempat di kantor pusat PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk (PT CPI) , Ancol, Jakarta Utara, telah dilakukan pelepasan ekspor perdana produk unggas Indonesia ke Singapura. Acara pelepasan produk unggas berupa karkas ayam ini dilakukan oleh Menteri pertanian RI, Prof. Dr .H. Syahrul Yasin Limpo SH, Msi, MH.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Kedutaan Singapura di Indonesia dan pihak pembeli dari Singapura. Sejak 2017 dengan dukungan pemerintah, PT CPI telah berhasil membuka jalur pasar ke luar negeri untuk produk–produk agro berupa produk olahan unggas, pakan ternak ayam, dan anak ayam umur sehari (DOC).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Sebelum ekspor perdana ke Singapura, produk unggas PT Charoen Pokphand Indonesia yang telah tersertifikasi oleh standar yang diakui secara internasional seperti sertifikasi halal, GMP (Good Manufacturing Practice), FSSC 22000, dan memiliki NKV (Nomor Kontrol Veteriner) telah masuk ke Jepang, Papua Nugini, dan Republik Demokratik Timor Leste dan terakhir ke Qatar pada Februari 2021 yang lalu.

Baca Juga: Charoen Pokphand Ekspor Ayam Beku, Mentan Kaget, Ini Penyebabnya

Sampai dengan semester pertama tahun 2022, ekspor yang telah dilakukan oleh PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk sejak 2017 telah mencapai 500 kontainer dan 1.269.390 ekor DOC.

Sedangkan pengiriman produk unggas ke Singapura berawal pada 1 Juni 2022 kala Pemerintah Singapura mengumumkan bahwa negara tersebut membutuhkan pasokan ayam guna memenuhi kebutuhan dalam negerinya, hal ini membawa peluang bagi Indonesia yang telah memiliki produksi ayam  surplus.

Dengan kerja sama yang cepat dari Kementerian Pertanian dan Singapore Food Agency (SFA), pada tanggal 23 Juni 2022, telah ditandatangani kesepakatan kerja sama antara Indonesia dan Singapura. Pada 30 Juni 2022, PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. telah tersertifikasi oleh Singapore Food Agency (SFA) dan ditetapkan sebagai perusahaan unggas Indonesia yang dapat melakukan ekspor ke Singapura.

Baca Juga: UNS Solo Dapat Hibah Kandang Ayam Modern dari PT Charoen Pokphand

Dengan akreditasi tersebut, PT CPI berhasil menandatangani kesepakatan kerja sama dengan pihak importir Singapura sebanyak 1 juta kg yang akan dikirim bertahap hingga akhir tahun 2022 dan akan terus bertambah menyesuaikan dengan kondisi di Singapura.

Ekspos perdana produk unggas PT Charoen Pokphand Indonesia ke Singapura ini membawa makna penting bagi Indonesia. Hal ini berarti produk unggas Indonesia akhirnya dapat ikut serta dalam memenuhi kebutuhan ayam dan produk olahan ayam di Singapura.

Baca Juga: Charoen Pokphand Indonesia Hibahkan Close House kepada FP UNS

Pengiriman perdana ke Singapura ini dilakukan sebanyak 50.000 Kg, Selain pengiriman ke Singapura juga dilakukan pengiriman repeat order produk-produk olahan unggas ke Jepang sebanyak 12.000 kg, dan ke Timor Leste berupa karkas ayam sebanyak 12.000 Kg.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya