SOLOPOS.COM - Tim Pelayanan Bidang Kemasyarakatan (PSE) Kevikepan Surakarta bersama Universitas Sugeng Hartono menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan dengan tema Pemanfaatan Media Sosial untuk Pengembangan Kewirausahaan Kreatif belum lama ini.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Di era digitalisasi yang berkembang pesat ini, media sosial (medsos) seolah tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat.

Memahami potensi tersebut, Tim Pelayanan Bidang Kemasyarakatan (PSE) Kevikepan Surakarta bersama Universitas Sugeng Hartono menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial untuk Pengembangan Kewirausahaan Kreatif”.

Promosi Jelang HUT ke-59, Telkom Gelar Customer Gathering hingga Beri Bantuan ke UMKM

Pelatihan tersebut diselenggarakan pada 12 Mei 2024 di Gereja Paroki St. Yusuf Pekerja Gondangwinangun Klaten dan 26 Mei 2024 di Gereja St. Antonius Padua Purbayan Solo. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh puluhan peserta yang merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) dengan produk usaha yang beraneka ragam seperti kuliner, fashion, kerajinan, jasa service AC hingga make up artist.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, tujuan utama pelatihan tersebut adalah membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan usaha kreatif mereka. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Tim PSE dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi.

Melalui pelatihan ini, Tim PSE juga berharap dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan potensi usaha kreatif mereka dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Soloraya. Tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, pelatihan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk membangun jaringan dan saling bertukar ide dalam mengembangkan usaha kreatif mereka.

Materi pelatihan yang disampaikan meliputi, membangun fondasi media sosial untuk bisnis di mana peserta diajarkan cara membuat akun media sosial yang profesional dan sesuai dengan target pasar, serta strategi untuk membangun brand awareness melalui media sosial.

Selain itu peserta juga diajarkan bagaimana cara membuat konten menarik dan informatif sehingga bisa meningkatkan branding dan penjualan produk. Dalam pelatihan tersebu, peserta diajarkan teknik membuat konten yang kreatif dan sesuai dengan platform media sosial yang digunakan.

Sebagai narasumber dalam pelatihan ini, Tim PSE menghadirkan pakar media sosial yang juga Wakil Rektor Universitas Sugeng Hartono, yaitu Fitria Hayu Palupi. Dalam paparannya dia memberikan wawasan tentang pentingnya media sosial dalam dunia bisnis dan strategi membangun brand image yang kuat di era digital.

“Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi para peserta untuk memanfaatkan media sosial secara optimal dalam mengembangkan usaha kreatif,” ujarnya.

Ia juga mendorong para peserta untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi digital agar dapat bersaing di era digital.

Sementara itu Kaprodi Bisnis Digital Universitas Sugeng Hartono, Ahmad Aufar Ribhi, berbagi pengalaman dan keahliannya dalam memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis.

Ahmad Aufar Ribhi berharap pelatihan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta untuk memulai atau mengembangkan usaha kreatif mereka. Ia juga berharap pelatihan ini dapat membantu para peserta untuk meningkatkan omzet dan keuntungan usaha mereka melalui pemanfaatan media sosial yang efektif.

Para narasumber menyampaikan materi dengan lugas dan mudah dipahami, sehingga peserta dapat mengikuti pelatihan dengan penuh semangat dan antusias. Salah satu peserta pelatihan, Ari, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya mendapatkan banyak ilmu baru tentang bagaimana menggunakan media sosial untuk mengembangkan usaha saya,” tuturnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya