SOLOPOS.COM - Mantan Menkeu, Bambang Subianto (Istimewa/Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Mantan Menteri Keuangan Bambang Subianto meninggal dunia pada Jumat (4/11/2022). Berikut adalah profil Bambang Subianto, Menteri Keuangan Kabinet Reformasi Pembangunan periode 1998—1999 pada era Presiden B.J. Habibie.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengonfirmasi kabar duka tersebut. Dia dan seluruh unsur Kementerian Keuangan menyampaikan duka cita yang mendalam. “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Bambang Subianto pada pukul 16.54 WIB di RS Pondok Indah Selatan,” ujar Heru seperti dilanir dari Bisnis.com, Sabtu (5/11/2022).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Bambang meninggal dunia pada usia 77 tahun Jumat sore, pukul 16.54 WIB di RS Pondok Indah Jakarta Selatan. Almarhum akan disemayamkan di rumah duka Jalan Kemang Dalam IX No. F27, Jakarta. Berikut adalah profil Bambang Subianto yag menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak 23 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999.

Dia menjadi bagian dari Kabinet Reformasi Pembangunan di bawah kepemimpinan Presiden B.J. Habibie. Bambang juga tercatat sebagai komisaris di berbagai perusahaan, antara lain di PT Star Energy Investments (2008—2011), PT Unilever Indonesia (2008—2015), dan PT Jamsostek (2009—2014).

Baca Juga: Setelah Tarif Cukai Rokok Naik, Jokowi Siap Batasi Impor Tembakau

Profil Bambang Subianto, eks Menkeu era Presiden B.J. Habibie merupakan lulusan ITB Teknik Kimia dan melanjutkan pendidikan PhD di Leuven Belgium. Dia kemudian menjadi pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan meneruskan tradisi dan estafet teknokrasi di Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Bambang Subianto ditunjuk sebagai Menteri Keuangan oleh B. J. Habibie saat Indonesia menghadapi masalah berat. Tugasnya adalah menangani krisis perbankan yang meluas akibat gejolak krisis moneter 1998.

Sri Mulyani yang saat itu masih menjadi pengamat ekonomi dan mengajar di FE UI, mengaku sering diundang untuk berdiskusi bersama mengenai situasi krisis ekonomi dan keuangan yang begitu kompleks. “Pilihan-pilihan kebijakan yang rumit, namun harus tetap diambil yang sungguh tidak mudah, seperti keputusan bailout perbankan, pembentukan BPPN (IBRA), dan berbagai langkah untuk memadamkan krisis yang membakar dan menghancurkan ekonomi Indonesia,” tulis Sri Mulyani melalui akun Instagram resmi @smindrawati, dikutip Sabtu (5/11/2022).

Baca Juga: Ikut Bangga! Dokter Pribadi Soekarno Asal Klaten bakal Jadi Pahlawan Nasional

Meski masa jabatan relatif singkat, Sri Mulyani menyebut Bambang merupakan sosok yang berjasa meletakkan fondasi reformasi ekonomi dan keuangan Indonesia. “Seseorang yang memiliki integritas tinggi dan komitmen serta dedikasi dan ketekunan luar biasa untuk menangani persoalan bangsa yang sangat sulit, rumit dan menantang,” ujarnya.

Demikian informasi terkait profil Bambang Subianto, mantan Menteri Keuangan era Presiden B.J. Habibie yang tutup usia pada Jumat sore.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kala Sri Mulyani Mengenang Bambang Subianto, Mantan Menkeu Era B. J. Habibie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya