SOLOPOS.COM - Ilustrasi sepatu. (Freepik.com).

Solopos.com, SOLO — Selama beberapa tahun terakhir bisnis cuci sepatu atau jasa laundry sepatu kian moncer. Pelayanan yang praktis dan cepat jadi salah satu konsumen meminati jasa laundry sepatu ini.

Konsumen atau para pemilik sepatu biasanya lebih memilih menggunakan jasa cuci sepatu yang profesional untuk meminimalisasi kerusakan.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Mengingat, masing-masing sepatu mempunyai karakter dan membutuhkan treatment yang berbeda-beda.

Salah pelanggan laundry sepatu yakni Dyah Ayu Putri Maharani asal Klaten. Ia memilih menggunakan jasa cuci sepatu karena harga yang relatif terjangkau dan prosesnya yang cepat.

“Waktu itu cuci tiga pasang sepatu bayar Rp70.000, prosesnya cepat, kalau antrean enggak panjang sehari bisa selesai. Pengalamanku sepatu dengan warna dasar putih dan terlanjur kotor dan kuning, jadi bersih lagi,” terang Dyah saat berbincang dengan Solopos.com pada Rabu (10/5/2023).

Selain alasan hemat, Dyah berkisah daripada mencuci sepatu sendiri dibandingkan dengan menggunakan jasa cuci sepatu jauh lebih efisien. Selain itu, ia juga tidak tahu jenis sabun apa yang cocok dengan jenis sepatu yang dipunyai.

Ia biasanya memanfaatkan jasa laundry sepatu setiap tiga bulan sekali. Merek sepatu yang ia punya rata-rata adalah Converse dengan rentang harga mulai Rp500.000.

Pehobi sepatu asal Klaten, Deva, juga pernah memanfaatkan jasa cuci cepatu dengan harga R30.000 per item. Namun, beberapa tahun terakhir ia memilih mencuci sepatu sendiri.

Apalagi, banyaknya tools untuk cuci sepatu yang dijual di online shop.  Sepatunya dengan merek Reebok, Vans, dan Converse, biasanya dibersihkan tiap pekan.

Hal berbeda diungkapkan warga Solo, Arfananda Ghiffari. Ia kurang berminat untuk menggunakan jasa cuci sepatu untuk membersihkan sepatu miliknya.

Ia lebih memilih membeli peralatan dan bahan untuk membersihkan sepatu miliknya di marketplace. Ia mengatakan sepatunya bukan kategori fancy dengan harga mahal, jadi tidak masalah menurutnya untuk mencuci sepatu miliknya sendiri.

Alasan laris manis laundry sepatu juga dianalisis Okta Silvia, mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Semarang dalam skripsi berjudul Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Cuci Sepatu pada Humble Shoes Semarang) pada 2019.

Solopos.com mengakses skripsi tersebut di laman repository.usm.ac.id., Rabu.

Okta menyebut terdapat tiga alasan konsumen menyukai jasa cuci sepatu. Pertama yakni cepat dalam proses pencucian sepatu. Kedua, pelayanan yang ramah untuk konsumen. Ketiga, pihak jasa cuci sepatu selalu memahami keinginan para konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya