SOLOPOS.COM - Situasi Kafe Bloomery Patisserie di Jl. Teuku Umar No. 44, Keprabon, Banjarsari, Solo, Rabu (4/1/2023). Penjualan coffee shop di Solo rata-rata meningkat setelah pencabutan PPKM dan momen Nataru. (Solopos/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah usaha atau bisnis minuman kekinian dan coffee shop menyambut baik  pencabutan aturan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Hal ini disampaikan Hafid, salah satu pegawai kafe Hakuikopi di Jl. Slamet Riyadi No.257,  Sriwedari, Banjarsari, saat ditemui Solopos Rabu (4/1/2023). Pria itu menyebut penjualan di tempanya bekerja lumayan meningkat selain karena PPKM dicabut juga karena momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Hafid mengaku sepanjang 2022 tempatnya bekerja tetap penerapan prokes kesehatan secara kondisional.

“Dari kru kami terapkan prokes yang ketat, tapi kami tidak mengharuskan pelanggan untuk tetap mengenakan masker, satu prokes yang terus kami anjurkan adalah mencuci tangan,” ujar pria tersebut.

Diakui Hafid, sejak Hakuikopi dibuka Februari 2022 lalu, penerapan prokes bisnis tersebut sudah dilaksanakan secara kondisional dan tidak memaksa. Jam operasional sejak awal dibuka juga selalu pukul 07.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

Hal senada diungkapkan Wisnu, pengelola salah satu cabang Bloomery Patisserie di Jl. Teuku Umar No. 44, Keprabon, Banjarsari, yang mengatakan bisnisnya pasca-PPKM dicabut jauh lebih menguntungkan.

“Hari ini open store kedua, penjualan meningkat drastis dibandingkan tahun lalu,” ujarnya Rabu (4/1/2023).

Wisnu mengatakan walaupun PPKM sudah dicabut prokes untuk kru Bloomery masih tetap dilaksanakan dan pelanggan masih dianjurkan untuk mengenakan masker atau mencuci tangan.

“Saat PPKM kami buka jam 10.00 pagi dan tutup jam 09.00 malam, setelah mulai cukup longgar kami buka lebih awal yaitu pukul 09.00 pagi, tutup tetap jam 09.00 malam,” papar Wisnu kepada Solopos.com.

Bloomery dibuka di Solo sejak Desember 2021 saat atau di tengah pandemi Covid-19. Wisnu menyebutkan saat baru dibuka jadwal operasional adalah dari pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB. Setelah pelonggaran PPKM di pertengahan 2022, jam operasional Bloomery bertambah 1 jam, yaitu dari pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Terpantau oleh Solopos.com, kedua kafe tersebut ramai dikunjungi pelanggan dari pukul 12.30 WIB sampai 16.00 WIB. Sebagian besar pengunjung sudah tidak lagi memakai masker atau rutin mencuci tangan dengan hand sanitizer. Namun ada juga pelanggan yang tetap mengenakan masker dan hanya dibuka saat hendak mengonsumsi pesanan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya