SOLOPOS.COM - Ilustrasi Saudia Air lines. (Istimewa/saudi-airlines).

Solopos.com, SOLO —  Polemik tiket murah Saudia Airlines hanya Rp5 juta dari Solo menuju Jeddah memasuki babak baru.

Calon penumpang tiket murah Saudia Airlines yang menjadi korban refund sepihak resmi melayangkan somasi ke maskapai penerbangan pelat merah Arab Saudi itu, Kamis (15/6/2023).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Mereka melayangkan somasi lantaran belum mendapatkan titik temu dan kepastian terkait tiket murah rute pergi pulang (PP) Solo – Jakarta – Jeddah pada Jumat-Minggu (19-21/5/2023) lalu.

Permasalahan tersebut dimulai para calon penumpang yang mendapatkan tiket murah PP Solo-Jakarta-Jeddah total Rp5 juta atau diskon hampir 60 persen daripada harga biasa.

Setelah berhasil membeli tiket, dua pekan kemudian atau pada awal Juni, Saudia Airlines disebut-sebut melakukan refund sepihak.

Sampai hari ini, Jumat (16/6/2023) tak ada penjelasan resmi mengenai refund tiket tersebut. Calon penumpang kemudian melayangkan somasi pertama pada pekan lalu, dan somasi kedua pada Kamis, melalui Kantor Hukum ABC Lawfirm.

“Surat permintaan klarifikasi kedua sudah kami kirimkan ke Kantor Saudia Airlines Jakarta, kami menunggu itikad baik mereka untuk memberikan penjelasan serta mengembalikan ratusan tiket kawan-kawan sehingga kami bisa menunaikan ibadah umrah,” ucap perwakilan ABC Lawfirm, Hanantyo Kristiawan, Kamis.

Hanantyo percaya dan meyakini Saudia Airlines kantor perwakilan Jakarta akan merespons secara baik permohonan klarifikasi tersebut.

Kronologi di Tweet

Sebelumnya, salah calon penumpang yang mengeluhkan keputusan sepihak tersebut yakni pemilik akun Twitter @rifkiarissandi atau Rifki Aris Sandi yang membeli tiket Solo – Jakarta – Jeddah.

Rifki membuat rangkaian kronologi tweet soal kali pertama mendapatkan tiket murah PP Solo – Jakarta – Jeddah, hingga akhirnya dibatalkan sepihak oleh pihak Saudia Airlines di akun Twitternya, Minggu (4/6/2023).

Dalam Twitternya, Rifki, menuliskan, pada Sabtu (20/5/2023) mengetahui informasi tiket murah tersebut kemudian memutuskan membeli melalui situs resmi Saudia Airlines.

Bagi dia, promo tiket murah menuju Jeddah bukanlah hal baru. Apalagi, baginya yang pernah dapat tiket ke Madinah hanya Rp3 juta bahkan pernah mendapat tiket murah ke Jeddah hanya Rp1 juta. Oleh karena itu, ia menilai promo tersebut valid.

Hingga akhirnya ia kaget ada informasi promo tersebut dianggap tak valid dan hanya sistem eror. Informasi disampaikan langsung oleh Blog Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) melalui perwakilan Saudia Airlines yakni Ayuberga.

Namun, Rifki masih berpikiran positif karena hingga saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari maskapai. Hingga akhirnya pada, Senin (5/6/2023), ia mendengar kabar pembatalan pembelian 1 sektor yakni Jakarta Jeddah sedangkan sektor SOC CGK, JED CGK dan CGK SOC masih aman.

Sejumlah calon penumpang bahkan mendatangi Saudia Airlines di Jakarta, namun mereka mengatakan tidak berani mengutak atik tiket yang dipesan melalui situs resmi apalagi online travel agent.

Sejumlah calon penumpang kemudian menelepon Saudia Airlines di USA, Kanada, Australia dan Jeddah. Ada yang berhasil mengubah jadwal, ada juga yang tidak bisa dan diminta mengurusnya ke kantor di Jakarta.

“Sampai ada yg behasil di reisu dan dpt tiket baru lalu kemudian di cancel lagi, sampai sv agen diluar indonesia bingung, ada apa ini,” curhat Rifki lagi di Twitter.

Hal yang paling Rifki sayangkan yakni adanya refund sepihak tanpa persetujuan penumpang. Sementara, jika dilihat dari email, refund dilakukan oleh main office di Jakarta.

Sebelumnya, Solopos.com juga sempat mengonfirmasi kabar promo tiket murah ke customer service (CS) resmi Saudia Airlines Indonesia, Kamis (25/5/2023).

Nomor telepon CS tersebut Solopos.com dapatkan dari situs resmi Saudia Indonesia http://saudiairlines.co.id/ yang tertuliskan sebagai nomor pemesananan tiket.

“Tiket tersebut memang valid, tetapi telah terjadi kesalahan pada saat update harga di sistem dan saat ini sudah ditangani dengan baik oleh kantor pusat Saudia Airlines di Jeddah,” tulis CS Saudia Airlines Indonesia saat dihubungi melalui chat, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya