SOLOPOS.COM - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta telah menyalurkan bantuan sebanyak 1.761 m3 atau 1.761.000 liter air bersih. (Istimewa/PLN)

Solopos.com, SEMARANG – Hingga akhir Oktober 2023, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta telah menyalurkan bantuan sebanyak 1.761 m3 atau 1.761.000 liter air bersih. Bantuan yang diberikan pada masyarakat terdampak kekeringan di wilayah Jawa Tengah dan DIY ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui Program PLN Peduli.

Penyaluran air bersih ini direncanakan akan berlangsung hingga akhir November dengan total penyaluran sebanyak 3.688 m3 atau 3.688.000 liter di Jawa Tengah dan DIY. Untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah, PLN telah menyalurkan sebanyak 1.101 m3 atau 1.101.000 liter air bersih dari total rencana 2.358 m3 atau 2.358.000 liter air bersih. Sedangkan untuk wilayah DIY, PLN telah menyalurkan sebanyak 660 m3 atau 660.000 liter air dari total rencana sebanyak 1.330 m3 tau 1.330.000 liter air bersih.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, M. Soffin Hadi, menyatakan bantuan ini merupakan bentuk PLN hadir bagi masyarakat. Dia menambahkan bahwa PLN tidak hanya menghadirkan listrik andal tetapi PLN juga berkomitmen hadir untuk masyarakat dan lingkungan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Sebagai BUMN, PLN berkomitmen tidak hanya fokus pada kegiatan bisnis semata tetapi juga berdampak pada kehidupan masyarakat. PLN juga melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat seperti memberikan bantuan air bersih pada masyarakat terdampak kekeringan ini.” ujar Soffin.

PLN Salurkan Air Bersih
PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta telah menyalurkan bantuan sebanyak 1.761 m3 atau 1.761.000 liter air bersih. (Istimewa/PLN)

Dalam penyalurannya, PLN bersinergi dengan pemerintah daerah serta berbagai elemen masyarakat. Ketua BPBD Kabupaten Gunungkidul, Purwono menyambut baik bantuan air bersih dari PLN ini. Menurutnya, hal ini sangat membantu bagi jatah dropping air bersih untuk Kapanewon di Gunungkidul yang mulai menipis. Bantuan air bersih dari PLN ini, lanjut Purwono, berguna bagi masyarakat dan disambut baik oleh masyarakat.

“Untuk itu kami sangat berterima kasih atas bantuan air bersih dari PLN, kami dalam hal ini menggandeng Tim Reaksi Cepat (TRC) di Kapanewon Purwosari untuk pendistribusian air bersih ini agar sampai ke masyarakat tepat waktu,” kata Purwono. Senada dengan hal tersebut Supervisor Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Banyumas, Abas menuturkan terimakasihnya pada PLN atas bantuan 90 tangki air bersih (450.000 liter) di Kabupaten Banyumas.

“BPBD Banyumas berkoordinasi dengan PLN akan menyalurkan Bantuan Air Bersih ke sejumlah titik daerah kekeringan di Kabupaten Banyumas sejumlah 90 tangki air bersih (450.000 liter). Untuk itu kami atas nama masyarakat Banyumas dan juga BPBD Kabupaten Banyumas mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan bantuan dari PLN. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk sesama dan dapat berkah dan ridho Allah SWT.” ungkap Abas.

Sambutan positif juga berdatangan dari masyarakat penerima bantuan, Asnanta, warga Dukuh Nglegok, Kapanewon Giritirto menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PLN atas bantuan air bersih kepada masyarakat di padukuhannya. Ia menuturkan bahwa saat ini 127 KK dan 387 jiwa masyarakatnya memang bergantung pada dropping air bersih dari pemerintah.

“Dengan bantuan ini kami berharap kebutuhan air bersih seluruh masyarakat Kapanewon Purwosari Gunung Kidul termasuk Padukuhan Nglegok, bisa terpenuhi,” ujar Asnanta. Di wilayah Salatiga, Habibi, Sekretaris Kelurahan Noborejo mewakili warganya juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan ini.

“Terimakasih kepada PLN Salatiga yang telah memberikan bantuan air bersih kepada warga RW 02 Pamot, Noborejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. Semoga atas kepedulian PLN Salatiga bisa bermanfaat bagi warga,” tutur Habibi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya