SOLOPOS.COM - Peternakan modern di Klaten. (PLN)

Solopos.com, KLATEN – PLN terus berkomitmen mendukung industri peternakan modern berbasis listrik. Langkah ini mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Klaten, H. Yoga Hardaya.

“Program ini sangat kami tunggu-tunggu. Pemerintah Kabupaten Klaten memberikan apresiasi yang luar biasa untuk PLN. Program ini bisa meningkatkan efisiensi sehingga sangat menguntungkan dan meringankan para pengusaha peternak ayam,” ucap Yoga dalam seremoni penyalaan serentak pelanggan sektor agrikultur PLN Jawa Tengah & DIY, periode Mei 2023.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dalam seremoni yang dilakukan di SWD Farm Desa Soka, Kecamatan Karangdowo ini, Wakil Bupati Klaten tersebut juga berharap PLN dapat menyosialisasikan program itu ke seluruh wilayahnya. Menurutnya, peternakan modern dengan segala kelebihannya, membutuhkan dukungan suplai listrik yang andal dan efisien.

Arif, penanggungjawab dari SWD Farm menyatakan penggunaan listrik dari PLN dapat menghemat biaya produksi hingga 32%, jika dibandingkan dengan menggunakan diesel. SWD Farm yang merupakan peternakan ayam pertama di Jawa Tengah yang menggunakan sistem closed house full automatic sangat bergantung pada listrik untuk operasionalnya. Kandang ayam ini menerapkan mesin auto feeding, temperature cooler, mesin pijah telur dan dibangun dengan rangka ramah lingkungan.

“Terima kasih PLN sudah mendukung penerapan modernisasi peternakan sehingga meningkatkan produktivitas dengan perkiraan produksi telur antara 1,2 sampai 5 ton setiap harinya. Waktu tunggu pemasangan listrik juga relatif singkat sehingga kami dapat segera berproduksi,” ujar Arif.

Peninjauan peternakan modern di Klaten. (Istimewa/PLN).

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Ari Prasetyo Nugroho, yang hadir mewakili General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, menyampaikan seremoni penyalaan ini mencakup 287 pelanggan dengan total daya 2.222.400 VA, tersebar se-Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Acara tersebut menjadi bukti bahwa PLN serius dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, melalui program Electrifying Agriculture dan selalu siap memberikan dukungan dan pelayanan yang terbaik dalam penyediaan energi listrik pada sektor agrikultur.

“Penggunaan genset di kalangan petani, peternak dan petambak selama ini memerlukan biaya operasional dengan jumlah yang tidak sedikit. Peralihan dari genset ke energi listrik diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mudah dan ramah lingkungan,” jelas Ari.

Sejalan dengan hal tersebut, PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan dan berkomitmen untuk mendukung modernisasi pertanian, peternakan maupun tambak. Harapannya, seluruh pelaku usaha dalam bidang ini dapat merasakan manfaat dari program Electrifying Agriculture.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya