SOLOPOS.COM - Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sudah mulai disalurkan sejak Senin (6/3/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SUMEDANG – Pemerintah terus mendorong penyaluran kredit bersubsidi atau Kredit Usaha Rakyat (KUR) di daerah yang ditargetkan bisa mencapai Rp450 triliun tahun ini. Dari target plafon Rp450 triliun pada tahun ini, secara nasional KUR baru tersalurkan Rp87,48 triliun per 12 Juni 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pada tahun ini, pemerintah telah menaikkan plafon KUR tahun ini menjadi Rp450 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp370 triliun.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Oleh karena itu, Airlangga meminta kepada pemerintah daerah bisa mengakselerasi penyaluran KUR tersebut, guna memudahkan akses pendanaan pelaku UMKM, termasuk KUR sektor pertanian. “Plafon yang disediakan pemerintah tahun lalu Rp370 triliun, tahun ini Rp450 triliun, jadi Pak Bupati bisa digenjot KUR sebanyak-banyaknya karena plafonnya ada, dan untuk KUR pertanian bisa ditingkatkan lebih,” ujar Airlangga saat melakukam peninjauan UMKM dan KUR di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023).

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa penyaluran KUR di Jawa Barat telah mencapai Rp9,1 triliun hingga awal Juni 2023. Sementara itu, KUR telah tersalurkan sebesar Rp340 miliar di Sumedang. “Tentunya kita terus meningkatkan kapasitas UMKM. Total KUR di Jawa Barat hingga awal Juni Rp9,1 triliun sudah tersalurkan di masyarakat. KUR di Sumedang per 6 Juni sudah tersalur Rp340 miliar,” jelasnya.

Adapun secara nasional, pemerintah mencatat penyaluran KUR hingga 12 Juni 2023 telah mencapai Rp87,48 triliun dan disalurkan kepada sebanyak 1,6 juta debitur. Pemerintah terus mendorong para pelaku UMKM di segala sektor untuk memanfaatkan KUR yang disediakan pemerintah tersebut agar permodalan tidak lagi menjadi hambatan UMKM untuk naik kelas.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Plafon KUR Naik jadi Rp450 T, Airlangga Minta Pemda Genjot Penyaluran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya