SOLOPOS.COM - Investree. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Investree akan menyelenggarakan kembali konferensi tahunan Investree Conference 2022 (i-Con 2022) dengan tema Empowering the Grow7h of Creative Industry through Fintech & Digital Ecosystem pada Rabu (14/12/2022).

Konferensi tahunan tersebut disiarkan live di kanal YouTube Investree. Acara itu menjadi rangkaian perayaan ulang tahun ke-7 Investree. Selain itu bagian dari Bulan Fintech Nasional 2022.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Acara i-Con 2022 hadir dengan topik berbeda tahun ini. Investree akan membahas lebih dalam upaya fintech lending terhadap kebangkitan industri kreatif. Hal itu menjadi penyumbang angka signifikan pada portofolio penyaluran pinjaman Investree sejak awal berdiri.

Selain itu, turut dibahas strategi pivot pascapandemi oleh industri hiburan dan solusi perbankan digital bagi kemajuan sektor tersebut.

Acara i-Con 2022 menghadirkan tokoh/pakar, praktisi, dan rekanan Investree dari industri kreatif untuk mendukung agenda Pemulihan Ekonomi Nasional, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno dan Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan Ogi Prastomiyono.

Baca Juga : Total Pinjaman Orang di Pinjol Rp16,72 Triliun, Ini Penjelasan OJK

Selain itu Agro Asia, Female Daily Network, WIR Group, VIA Creative Hub, New Live Entertainment, Visinema, Netra. Kemudian, platform pemelihara ekosistem UMKM Dagangan dan eFishery Amar Bank, Sahabat Bisnis. Acara tersebut juga dimeriahkan penyanyi Andien dan Dira Sugandi.

Co-Founder & CEO Investree Indonesia dan CEO Investree Group, Adrian Gunadi, mengatakan Investree berkomitmen terus meningkatkan kesadaran dan literasi keuangan.

Perkembangan Bisnis Investree

Kali ini, tuturnya, melalui Investree Conference 2022. Acara tersebut akan menggali kontribusi industri kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan mengapa perlu mendukung industri itu dari segala sisi.

“Pada 14 Desember, kami hadirkan tokoh-tokoh istimewa dari sektor kreatif yang akan memberikan paparan terkait bidang yang mereka geluti. Harapannya, i-Con 2022 dapat memberikan insight tak ternilai serta menginspirasi para pelaku UMKM kreatif untuk #GrowToge7her dengan memanfaatkan alternatif solusi bisnis. Sehingga, mampu mempermudah dan mengefisienkan proses bisnis mereka,” tuturnya.

Baca Juga : OJK Izinkan Bank Kuasai Saham Pinjol Maksimal 35 Persen

Lebih lanjut, Adrian menyebutkan perkembangan bisnis Investree sepanjang 2022 menuju 2023. Pertama, Investree mengembangkan solusi bisnis bagi pelaku UMKM. Solusi tersebut tidak hanya fintech lending, tapi juga e-invoice dan penilaian kredit alternatif.

Program itu bekerja sama dengan Sahabat Bisnis dan AIForesee yang merupakan anak perusahaan Investree Group (Investree Singapore Pte Ltd).

Kedua, memperluas kerja sama dengan berbagai ekosistem untuk menjangkau lebih banyak pelaku UMKM termasuk pemerintah (LKPP, LPSE, eKatalog), komunitas atau inkubator UMKM, dan lain-lain.

Ketiga, fokus menjangkau segmen usaha mikro hingga ke daerah pelosok dengan meluncurkan produk Pinjaman Usaha Mikro. Keempat, meningkatkan kualitas penilaian kredit dan aktivitas fintech lending lainnya dengan memperkuat sistem/teknologi, analisis data, dan perlindungan data pribadi.

“Investree percaya pertumbuhan tidak akan terjadi tanpa kolaborasi. Sejak berdiri, salah satu hal yang menjadi fokus utama adalah penguatan kolaborasi dengan berbagai ekosistem agar lebih berdampak terhadap pelaku UMKM,” ucapnya.

Baca Juga : Sempat Jadi Momok, Penyaluran Dana Pinjol Tembus Rp89,9 Triliun Per Mei

Sahabat Bisnis dan AIForesee

Konferensi Pers Road to Investree Conference 2022: Kontribusi Investree bagi Pertumbuhan UMKM Kreatif dan Perkenalan Sahabat Bisnis & AIForesee sebagai Bagian Investree Group diselenggarakan Rabu (7/12/2022) secara virtual.

Pada kesempatan itu mereka memperkenalkan Sahabat Bisnis dan AIForesee sebagai anak perusahaan Investree Group dan perusahaan saudara Investree Indonesia (PT Investree Radhika Jaya).

AIForesee dan Sahabat Bisnis (SABI) merupakan entitas bisnis dengan fokus berbeda, yaitu platform penilaian kredit alternatif (alternative credit score) untuk UMKM. Platform itu tercatat di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD).

Di Indonesia, AIForesee merupakan pelopor platform penilaian kredit yang berfokus mendukung penyaluran pinjaman produktif dengan melakukan penilaian kredit UMKM. Harapannya pelaku UMKM dapat mengetahui skor kredit mereka sebelum mengajukan pinjaman ke Lembaga Jasa Keuangan, salah satunya platform fintech lending.

Baca Juga : OJK Terbitkan Aturan Baru Untuk Pinjol, Ini Isinya

Dalam menilai skor kredit pelaku UMKM, jelas Adrian, AIForesee memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan data alternatif yang dimiliki ekosistem.

Ada beberapa variabel yang dinilai AIForesee untuk menghasilkan skor kredit pelaku UMKM, antara lain, kesehatan finansial yang dapat diproyeksikan dari rata-rata pendapatan dan keseluruhan omset.



Selain itu, perilaku pembayaran yang diindikasikan dari perilaku ketepatan pembayaran tagihan, hubungan bisnis dengan pelanggan, jumlah supplier, dan tren media sosial.

Platform Pinjaman Terintegrasi

Di sisi lain, Sahabat Bisnis atau SABI adalah platform lending as a service (LaaS) yang menyediakan layanan teknologi berupa akses pinjaman terintegrasi untuk ekosistem Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Baca Juga : Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Online agar Lekas Disetujui

Berangkat dari masalah pelaku UMK yang sering kesulitan mendapatkan pinjaman, SABI menjadi penjembatan antara UMK yang membutuhkan dukungan modal kerja dengan lembaga pembiayaan seperti fintech lending Investree dan perbankan.

SABI menghubungkan keduanya secara lebih terintegrasi dengan mengandalkan pengembangan open API. Selain itu, SABI turut mengembangkan fasilitas business health check untuk memeriksa kesehatan bisnis pelaku UMK dan penilaian kredit bekerja sama dengan AIForesee.

Kolaborasi Investree Indonesia, SABI, dan AIForesee dalam ekosistem Investree Group benar-benar dikedepankan untuk memberikan solusi bisnis yang terpadu bagi UMKM.

“Kami berharap apabila layanan yang dihadirkan oleh Investree Group semakin lengkap dan terintegrasi, pelaku UMKM dapat lebih mudah dan efisien meningkatkan bisnisnya dan cita-cita inklusi keuangan tercapai,” jelasnya.

Pertumbuhan Positif Investree

Baca Juga : BI: Pinjol dan Modal Ventura Lebih Cepat Pulih Daripada Perbankan

Chief Sales Officer Investree, Salman Baharuddin, memperlihatkan bahwa Investree mencatat pertumbuhan positif dalam penyaluran pinjaman kepada pelaku UMKM kreatif di Indonesia.

Salman menuturkan rata-rata peminjam dari sektor kreatif. Pada tahun 2022, tuturnya, Investree telah menyalurkan pinjaman Rp1,290 triliun kepada pelaku usaha kreatif.

Total sejak tahun 2015 sampai sekarang, angka pinjaman sebanyak Rp1,636 triliun kepada 327 peminjam. “Bidang usahanya bermacam-macam, mulai dari agensi periklanan dan digital, rumah produksi, konsultan kreatif, mode, hingga makanan-minuman,” ujarnya.

Sinergi Investree dengan ekosistem kreatif dalam mendorong industri kreatif maju pascapandemi dapat disaksikan pada Investree Conference 2022 (i-Con 2022) yang dilaksanakan secara online melalui YouTube Live Investree.

Masyarakat dapat menyaksikan langsung dari gadget. Setiap peserta juga berkesempatan memenangkan Cash-in-Hand senilai belasan juta rupiah. Anda dapat mengikuti acara tersebut secara gratis. Silakan daftar sekarang di https://investr.ee/reg-icon2022.

Baca Juga : Utang Pinjol Resmi Tembus Rp27,9 Triliun, Ini Pendana Terbesar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Tenggak Miras, 15 Suporter PSS Sleman Digelandang Polisi Solo

Tenggak Miras, 15 Suporter PSS Sleman Digelandang Polisi Solo
author
Kurniawan , 
Ahmad Mufid Aryono Kamis, 2 Mei 2024 - 06:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Belasan suporter PSS Sleman saat diamankan di Mapolresta Solo, Selasa (30/4/2024) sore. (Istimewa/Humas Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO–Belasan suporter PSS Sleman gagal menyaksikan pertandingan tim kebanggaan mereka di Stadion Manahan Solo, Selasa (30/4/2024) sore.

Mereka harus digelandang aparat kepolisian ke Mapolresta Solo. Mereka kedapatan membawa dan meminum minuman keras di sekitar lokasi parkir Stadion Manahan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Laga sore itu mempertemukan PSS Sleman dengan Persib Bandung dan merupakan pertandingan terakhir Liga 1 di Stadion Manahan. Polisi menangkap 15 suporter yang kedapatan membawa dan mengkonsumsi Miras di sekitar lokasi parkir Stadion Manahan.

Koran Solopos

“Sebanyak 15 suporter PSS Sleman ketahuan membawa dan mengkonsumsi minuman keras saat hendak menyaksikan laga terakhir tim PSS Sleman versus Persib Bandung. Sehingga kami amankan ke Mapolresta Solo untuk mengantisipasi hal tak diinginkan,” ujar Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi, Rabu (1/5/2024).

Iwan menjelaskan 15 suporter yang diamankan terdiri atas 11 laki-laki dan empat perempuan. Di Mapolresta Solo mereka didata dan diminta membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Kami lakukan pendataan dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Setelah pertandingan selesai mereka boleh pulang kembali ke asalnya,” jelas Iwan.

Emagazine Solopos

Dia menyayangkan masih adanya suporter yang belum mengindahkan peraturan terkait pertandingan di Stadion Manahan Solo. Sehingga, dengan terpaksa polisi mengambil tindakan tegas.

“Upaya ini kami lakukan, untuk mengantisipasi gangguan terhadap penonton yang lain. Terkait personel yang dikerahkan, kami kerahkan tim gabungan sebanyak 596 personel baik dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub Kota Solo,” jelas Iwan.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Hanya 2 Jam Perjalanan Solo-Semarang, Simak Jadwal KA Banyubiru Hari Ini

Hanya 2 Jam Perjalanan Solo-Semarang, Simak Jadwal KA Banyubiru Hari Ini
author
Rohmah Ermawati Kamis, 2 Mei 2024 - 05:55 WIB
share
SOLOPOS.COM - Penumpang KA Banyubiru relasi Semarang-Solo menyaksikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Solo, sesaat sebelum memasuki Stasiun Solo Balapan, Kamis (1/6/2023). (ANTARA/ I.C. Senjaya).

Solopos.com, SOLO—Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia. Bagi Anda yang memerlukan bepergian dari Solo ke Semarang atau sebaliknya pada hari ini, simak jadwal perjalanan kereta api (KA) Banyubiru, Kamis (2/5/2024).

Perjalanan darat dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang Semarang memakan waktu sekitar dua jam dengan menaiki KA Banyubiru. Kereta yang beroperasi pada weekday maupun weekend tersebut menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat yang akan bepergian dari Solo ke Semarang maupun sebaliknya.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Menurut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daops 4 Semarang, Franoto Wibowo, KA Banyubiru dengan jadwal keberangkatan pagi cenderung menjadi favorit ketimbang jadwal sore/malam.

Hal itu salah satunya karena KA Banyubiru banyak diminati oleh para pekerja dan wisatawan. “Selain itu, kalau pagi banyak penumpang yang berwisata ke daerah Solo seperti Masjid Sheikh Zayed,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Diberitakan, PT KAI mengoperasikan kembali KA Banyubiru per 1 Juni 2023 setelah sebelumnya vakum selama sekitar 10 tahun.

“Kereta api ini diharapkan menjadi pilihan layanan mobilitas masyarakat Jawa Tengah,” kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI Didiek Hartantyo saat peluncuran KA Banyubiru di Stasiun Tawang Semarang, Kamis (1/6/2023) lalu, seperti dilansir Antara.

Koran Solopos

Dia menjelaskan Banyubiru diambil dari nama yang dekat dengan masyarakat Jawa Tengah. “Banyu artinya air, biru mencerminkan keindahan alam,” katanya. KA Banyubiru sendiri terdiri atas tiga rangkaian kereta ekonomi dan empat rangkaian kereta eksekutif dengan total 431 tempat duduk.

Adapun, jadwal keberangkatan pertama kereta dari Solo–Semarang ini dimulai pukul 10.40 WIB–pukul 12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit). Sedangkan keberangkatan kedua yakni sore hari pukul 17.15 WIB–pukul 19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

Rute KA Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan menuju Semarang akan berhenti di beberapa tempat, misalnya Stasiun Salem Grobogan, Stasiun Gundih di Grobogan, Stasiun Brumbung di Demak,  dan berakhir di Stasiun Semarang Tawang.

Destinasi Wisata

Perjalanan KA Banyubiru melintas sejumlah stasiun yang unik dan legendaris. Stasiun Salem di Gemolong dan Stasiun Gundih di Grobogan dibangun pada 1870. Selanjutnya, Stasiun Brumbung di Demak dibangun pada 1867, disusul Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dibangun pada 1914.

Rute yang dilintasi juga cukup legendaris karena merupakan jalur KA pertama dan tertua di Indonesia yang dibangun perusahaan KAI milik Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Selain itu, destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan perjalanan kereta api ini cukup banyak. Pertama, di Kota Solo warga bisa mengunjungi Masjid Sheikh Zayed, Masjid Agung Solo, Pracima Tuin Pura Mangkunegaran, Keraton Solo, hingga Solo Safari Zoo.

Selanjutnya, dari Solo kereta bakal berhenti di Salem, Gemolong, Sragen. Beberapa destinasi wisata Sragen yang bisa dikunjungi yakni Museum Sangiran, Objek Wisata Sendang Kun Gerit, juga New Gunung Kemukus.

Selanjutnya kereta berhenti di Gundih, Grobogan. Destinasi wisata di Grobogan yakni Bledug Kuwu, Air Terjun Widuri, Waduk Nglangon, Sendang Teleng Kalibiru, hingga Air Terjun Gulingan.

Perjalanan dilanjutkan ke Stasiun Brumbung di Demak. Wisata yang layak dikunjungi yakni Masjid Agung Demak, Makam Terapung Syekh, Mudzakir, Hutan Mangrove Morosari Sayung, Brown Canyon Demak, Desa Wisata Tlogoweru, dan Taman Air Polaris.

Emagazine Solopos

Destinasi terakhir KA Banyubiru adalah di Stasiun Semarang Tawang. Sejumlah destinasi wisata di Semarang yang layak dikunjungi yakni Lawang Sewu, Saloka Theme Park, Klenteng Sam Poo Kong, Kota Lama Semarang, Pagoda Avalokitesvara, Kampung Pelangi, hingga Museum Ranggawarsita.

Jadwal Lengkap KA Banyubiru

Mengutip informasi yang dihimpun dari KAI Access, berikut jadwal dan rute lengkap lengkap KA Banyubiru hari ini, Kamis (2/5/2024):

1. Jadwal Pagi Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 10.40 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 11.00 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 11.24 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 12.25 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 12.42 WIB

Interaktif Solopos

2. Jadwal Sore Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang.

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 17.15 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 17.35 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 17.59 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 19.14 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 19.31 WIB

3. Jadwal Pagi Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp75.000 sekali jalan.



2. Jadwal Sore Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang.

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 17.15 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 17.35 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 17.59 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 19.14 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 19.31 WIB

3. Jadwal Pagi Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp75.000 sekali jalan.



Stasiun Semarang Tawang: berangkat pukul 07.50 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 08.10 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 09.11 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 09.35 WIB

Tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 09.55 WIB

4. Jadwal Sore Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Semarang Tawang: berangkat pukul 20.45 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 21.04 WIB



Stasiun Gundih: berangkat pukul 22.17 WIB

Tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 22.56 WIB

Cara Membeli Tiket KA Banyubiru

Pembelian tiket KA Banyubiru salah satunya bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Calon penumpang bisa membuka aplikasi tersebut, klik pilihan KA Antar Kota.

Setelah itu, pilih stasiun asal yakni Solo Balapan dengan tujuan Semarang. Nanti bakal ada beberapa pilihan kereta menuju Semarang, salah satunya Banyubiru.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Petani Tembakau Boyolali Bertemu di Selo, Bahas Keluhan Hama Kera hingga Pupuk

Petani Tembakau Boyolali Bertemu di Selo, Bahas Keluhan Hama Kera hingga Pupuk
author
Anik Sulistyawati Kamis, 2 Mei 2024 - 05:16 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Boyolali, Nanang Teguh Sambodo, saat berbicara di forum halalbihalal anggotanya di Sepandan Lor, Desa/Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Selasa (30/4/2024). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Boyolali menggelar halalbihalal di Dukuh Sepandan Lor, Desa/Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Selasa (30/4/2024). Mereka berkumpul dalam rangka saling maaf memaafkan serta membicarakan keluhan petani tembakau.

Halalbihalal dihadiri oleh puluhan anggota APTI Boyolali dari berbagai kecamatan dan juga warga Desa Selo yang juga merupakan petani tembakau.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Ketua APTI Boyolali, Nanang Teguh Sambodo, mengatakan masalah yang dihadapi para petani tembakau adalah pupuk. Ia menjelaskan subsidi pupuk ZA dan SP 36 untuk petani tembakau dicabut. Sehingga para petani tembakau memakai pupuk nonsubsidi.

“Untuk itu kawan-kawan petani tembakau berkomunikasi dengan dinas terkait, bahwa bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau atau DBHCHT sebagian diberikan untuk kebutuhan petani berupa pupuk,” jelas dia ditemui seusai acara.

Koran Solopos

Selain itu, Nanang juga mengatakan DBHCHT juga diberikan kepada petani dengan bantuan alat-alat pertanian. Kemudian, masalah kedua terdapat di daerah atas terdapat hama kera. Nanang menjelaskan berdasarkan diskusi para petani, nantinya APTI Boyolali akan menyampaikan ke instansi terkait agar ada bantuan untuk membantu melindungi tanaman tanpa membunuh hama kera.

Ia menjelaskan daerah yang biasa terkena hama kera yaitu daerah lereng gunung seperti Selo, Cepogo, Musuk, Tamansari, Gladagsari, dan Ampel. Nanang mengatakan tanaman kera memang tidak memakan tembakau, tapi mereka merusak tanaman dengan mematahkan daunnya.

Cara sementara untuk menghalau kera agar tidak memakan tanaman warga yaitu dengan melindungi dengan jaring. Ditakutkan ketika dibunuh, justru kawanannya akan datang dan justru merusak.

Emagazine Solopos

Kemudian, APTI menjelaskan kawan-kawan petani eksis dalam perhelatan politik pada 2024, Nanang mengatakan APTI membutuhkan sosok yang mampu melindungi dan mengayomi petani, termasuk petani tembakau.

“Misal dengan adanya pemasaran yang biasanya pemasaran belum bermitra, bagaimana dinas terkait ikut membantu bermitra. Kami juga berterima kasih kepada dinas terkait yang ikut membantu bermitra dan atas bantuan yang diberikan kepada kami,” kata dia.

Sementara itu, petani tembakau Selo, Wiyarto, menyampaikan harga tembakau pada 2023 lumayan bagus. Ia menjelaskan harga tembakau rajangan kering yang ikut dengan kemitraan mencapai Rp75.000 per kilogram. Untuk harga 2024, Wiyarto mengatakan masih belum tahu harganya karena para petani baru memulai menanam.

Interaktif Solopos

Ia berharap harga panen tembakau pada 2024 ini bisa mengikuti harga 2023. Wiyarto mengatakan berdasarkan informasi yang ia terima, saat ini pabrik rokok masih membutuhkan banyak tembakau. Sehingga, ia berharap harga tembakau pada 2024 masih sebagus atau bahkan lebih bagus dibanding 2023.

“Ladang saya ada dua hektare yang saya tanami, kalau di kelompok tani ada sekitar 31 hektare. Produktivitasnya per hektare masih di kisaran 5 ton. Itu sedang tidak bagus karena kemarau lebih awal, sehingga banyak tembakau yang tidak kena air hujan,” kata dia.

Ia mengatakan dengan petani menggarap sendiri, produktivitas tersebut sudah bisa menutup ongkos produksi. Namun, ada beberapa petani yang mempekerjakan orang lain dan tidak menghitung ongkos tanam dan pemeliharaan.



Wiyarto berharap pemerintah kembali memberikan petani tembakau subsidi pupuk. Hal tersebut untuk mengurangi kerugian petani.

Selanjutnya, masalah yang dihadapi petani tembakau di Selo yaitu ketika ingin mengeringkan tembakau, para petani Selo harus mencari panas hingga Kartasura, Sukoharjo.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Selo, Haryono, mengatakan di Kecamatan Selo ada sekitar 1.600 hektare lebih tanaman tembakau yang menanam hingga April 2024, sedangkan 2023 ada sekitar 1.400 hektare – 1.500 hektare

“Ada peningkatan dibanding 2023 karena pertama musim, yang kedua untuk tanaman sayur kan bibitnya mahal, akhirnya petani larinya ke tembakau. Maret kemarin juga sudah tidak hujan, sehingga petani mengejar untuk menanam,” kata dia.

Lebih lanjut, terkait keluhan petani tembakau yang tidak mendapatkan pupuk subsidi, Haryono menjelaskan memang pupuk subsidi hanya untuk tanaman pangan dan hortikultura di komoditas tertentu.

“Untuk tembakau memang tidak dapat pupuk subsidi, akan tetapi mendapatkan bantuan dari DBHCHT APBD I dan II. Bantuannya berupa pupuk NPK, ZA, dan organik cair. Di Selo ada sekitar 200 kelompok tani, 50% dapat semua,” kata dia.

Selain bantuan pupuk, ada bantuan pembinaan, ada kultivator, mesin perajang tembakau, dan sebagainya.

“Kalau petani yang terdapat di Simluhtan ada 5.000 orang lebih, tapi petani di Selo tidak hanya menanam tembakau tapi juga menanam sayur,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories