SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Joko Sutrisno, menyebut sejauh ini belum ada peningkatan okupansi hotel jelang Piala Dunia U-17 2023. 

Menurutunya, secara proyeksi, ada potensi peningkatan okupansi hotel sebanyak 30 persen setelah Solo terpilih jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Sejauh ini memang belum ada peningkatan okupansi hotel. Tapi secara proyeksi adanya Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Solo ini bisa meningkatkan okupansi hotel mencapai 30 persen,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (2/11/2023).

Joko juga menilai, ada dua hal yang harus menjadi perhatian saat Piala Dunia U-17 2023 digelar di Solo, yaitu tempat parkir dan wisata budaya. Menurutnya, dua hal tersebut penting untuk diperhatikan agar Kota Solo tetap nyaman selama piala dunia bergulir.

“Yang perlu peningkatan saat ini adalah parkir umum dan wisata budaya. Karena ya contohnya kampung batik Laweyan atau Kauman, parkir sejauh ini masih jadi masalah. Belum lagi parkir buat di Pura Mangkunegaran dan Taman Balekambang,” tegasnya.

Meski begitu, Joko mengatakan pihak PHRI Solo dan Pemerintah Kota Solo sedang menjalin komunikasi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Ini solusinya sedang dipikirkan untuk tempat parkirnya,” tegasnya.

Saat ini, beberapa hotel di Solo mulai berbenah jelang Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar hanya dalam hitungan hari. Mereka menyebut sudah siap untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi pelaksanaan gelaran empat tahunan ini.

Seperti Hotel Lorin Solo, melalui Senior Public Relations Manager Hotel Lorin Solo, Dhani Wulandari, Ia menjelaskan sebagai salah satu hotel bintang lima di Solo Hotel Lorin sudah siap menyambut event Piala Dunia U-17 2023.

“Kalau untuk persiapan kami sudah terbiasa dipakai grup-grup besar untuk event internasional. Jadi dalam hal ini tidak ada kendala apapun. Kamar berikut fasilitas kami sangat memadai untuk event apapun,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (2/11/2023).

Dhani menambahkan, terkait peningkatan reservasi  atau negara peserta Piala Dunia U-17 2023 yang menginap di Hotel Lorin, pihaknya belum bisa memberikan konfirmasi.

“Untuk sementara kami belum bisa memberikan keterangan, misalkan ada update nanti akan kami kabarkan,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya