SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan pekerjaan. (Solopos/Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tersedia banyak lowongan pekerjaan (loker) di industri plastik lokal Soloraya. Sebanyak dua perusahaan plastik di Karanganyar tengah membuka lowongan pekerjaan baik untuk fresh graduate maupun yang berpengalaman.

PT Hardo Soloplast membuka lowongan pekerjaan untuk mengoperasikan line unit baru khusus mengerjakan karung sak semen dan memperpanjang produksi lokal.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Kami buka banyak lowongan ya, untuk yang fresh graduate kami membutuhkan 3-4 orang mengikuti program Management Training Produksi dengan umur maksimal 25 tahun dan lulusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Informatika,” ujar Supervisor Personal PT Hardo Soloplast, Jumadi, saat ditemui Solopos.com di Job Fair UNS bertempat di Auditorium UNS, Kamis (11/5/2023).

Sementara itu bagi mereka yang sudah berpengalaman tersedia juga posisi Senior Manager, Marketing in Sales, Manager HRGA untuk satu orang, Supervisor Gudang, Supervisor Produksi 3-4 orang, staf sales dan staf HRD.

Persyaratan loker untuk posisi staff marketing termasuk pengalaman sebagai sales canvasing untuk pria atau wanita maksimal 35 tahun dengan kualifikasi pendidikan minimal lulusan D3/S1 semua jurusan.

Ada nilai plus jika calon pegawai memahami dunia digital marketing serta bersedia melakukan perjalanan dinas luar kota.

Sementara itu untuk Supervisor Gudang PT Hardo Soloplast juga membutuhkan karyawan dengan syarat pengalaman di bidang yang sama selama 2 tahun; memahami alur produksi manufaktur; terbiasa dengan sistem target; bersedia bekerja dengan sistem shift; dan tersedia untuk pria atau wanita maksimal 35 tahun lulusan D3/S1 semua jurusan.

Posisi Manager HRGA membutuhkan karyawan dengan syarat pria atau wanita usia maksimal 50 tahun lulusan minimal D3/S1 bidang Psikologi, Manajemen, dan Hukum dengan pengalaman di posisi yang sama minimal 3 tahun; dan menguasai konsep dan praktik HR Management serta TQM.

Jumadi menegaskan perusahaan sedang membutuhkan banyak pegawai baru untuk bagian staf dan penjualan. Sementara itu di unit baru produk-produk yang dikerjakan antara lain sak semen, karung beras, pupuk, serta kantung pakan ternak.

Bertahan dari Pandemi Covid-19

Jumadi mengatakan PT Hardo Soloplast berhasil bertahan saat Covid-19 bahkan mencatat omzet lebih besar daripada biasanya. Namun kondisinya berubah karena ketidakpastian ekonomi global dan ekspor tidak berjalan lagi.

Saat ini, dia mengatakan perusahaannya sedang fokus mengoptimalkan pasar lokal untuk penjualan karung sak semen, karung beras, pupuk, dan karung pakan ternak.

Penjualan dioptimalkan terutama di daerah lumbung padi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Makassar, Kalimantan, serta Sumatera.

Jumadi juga menuturkan jika staf sales PT Hardo Soloplast harus siap ditempatkan di luar Karanganyar.

Gaji bagian operator akan menyesuaikan UMR dan perusahaan juga memberikan program BPJS Kesehatan serta Ketenagakerjaan sebagai bagian mandat sesuai Undang-Undang.

Pegawai baru nantinya memasuki masa training selama tiga bulan kemudian memasuki masa kontrak. Jumadi mengatakan lowongan masih tersedia setelah Job Fair UNS selesai sampai posisi yang ada terisi.

PT Hardo Soloplast memiliki head office di Jalan Raya Palur KM 08 Jetis, Jaten, Karanganyar.

PT Superplast Adiperkasa

Sementara itu perusahaan plastik PT Superplast Adiperkasa juga membuka lowongan untuk delapan posisi dengan jumlah pegawai yang dicari 12 orang. Staff PT Superplast Adiperkasa, Putri, mengatakan ada empat posisi yang tersedia untuk fresh graduate.

“Ada Staff Accounting untuk fresh graduate lulusan minimal D3 Akuntansi, kemudian Design Grafis kami mencari yang pendidikan minimal D3 Teknologi Informatika atau Design Grafis, ini juga bisa untuk fresh graduate, lalu Admin Penjualan fresh graduate minimal D3 semua jurusan, serta posisi Mekanik minimal lulusan SMK,” papar Putri dalam kesempatan yang sama.

Posisi yang tersedia lainnya yakni Business Development Manager dengan minimal pengalaman 2 tahun, Senior Produksi mencari lulusan Teknik Industri berpengalaman 1 tahun, Operator Mesin Tiup dari lulusan minimal SMK, serta Operator Mesin Las Potong minimal pendidikan SMP.

Kedua pabrik plastik di Soloraya itu membuka lowongan pekerjaan besar-besaran saat Job Fair UNS. Namun, jika lowongan belum terisi kandidat yang sesuai, lowongan bakal tetap dibuka untuk umum.

Informasi lengkap mengenai lowongan pekerjaan tersebut bisa diakses melalui akun Instagram resmi @recruitmenthardosoloplast atau laman Http://bit.ly/joinhardosoloplast untuk PT Hardo Soloplast, dan IG @superplast.idn untuk PT Superplast Adiperkasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya