SOLOPOS.COM - Kementerian PUPR membangun prasarana, sarana, dan utilitas pada perumahan di Kota Jayapura, Papua. (Istimewa)

Solopos.com, JAYAPURA–Pembangunan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga dirasakan manfaatnya oleh warga yang tinggal di Kota Jayapura, Papua.

Salah satunya adalah PSU berupa jalan lingkungan yang telah selesai dibangun di Perumahan Apernas Bhayangkara yang mampu membuat kawasan perumahan bersubsidi pemerintah tersebut lebih nyaman untuk dihuni dan mempermudah mobilisasi penghuni.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan terus berupaya agar pemerataan pembangunan khususnya infrastruktur perumahan bisa dirasakan oleh masyarakat termasuk di Papua. Salah satu bentuk bantuan yang kami salurkan adalah PSU untuk membuat jalan lingkungan di perumahan bersubsidi lebih baik dan berkualitas,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

Menurut Iwan, banyak program perumahan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah guna menyediakan hunian layak huni bagi masyarakat.

Beberapa program di sektor perumahan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR antara penyaluran bantuan pembangunan rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya serta PSU untuk membantu masyarakat yang tinggal di perumahan bersubsidi memiliki tempat tinggal yang nyaman.

“Kami memiliki 19 Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) dan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan yang ada di setiap provinsi di Indonesia. Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah, pengembang, perbankan, sektor swasta dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan ini,” tandasnya seperti dikutip dari keterangan resmi.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Papua I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Aleksander Simon Lopulalan, diwakili Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua, P.M. Desyarmeda Killian, menerangkan salah satu lokasi pembangunan PSU berupa jalan lingkungan berada di Perumahan Apernas Bhayangkara di Kota Jayapura.

Dia menambahkan pembangunan PSU tersebut dilaksanakan oleh penyedia jasa PT Rizkia Anugrah Jaya pada tahun 2023 lalu.

Berdasarkan data Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Balai P2P Papua I, penyaluran bantuan PSU pada tahun 2023 lalu dilaksanakan di delapan perumahan yang ada di Papua.

Sementara itu, total panjang jalan lingkungan perumahan bersubsidi di Papua yang mendapat bantuan PSU tahun 2023 lalu sepanjang 3.130,6 meter dan berdampak pada 802 unit rumah bersubsidi.

Adapun, proses pembangunan bantuan PSU dari Direktorat Jenderal Perumahan tersebar di sejumlah kabupaten/ kota dan melibatkan sejumlah pengembang perumahan dalam pelaksanaannya.

Beberapa perumahan yang mendapatkan bantuan PSU di Provinsi Papua khususnya di Kota Jayapura antara lain, perumahan Anugerah Regency Holtekamp 170 unit, perumahan Grand Royal Residence 76 unit, perumahan Rollo Green Diamond Residence 130 unit dan perumahan Apernas Bhayangkara Residence 177 unit.

Selanjutnya di Kabupaten Jayapura di perumahan Citra Buana 3 sebanyak 74 unit, Kabupaten Mimika di Perumahan Pondok Amor Indah 53 unit dan Perumahan Residence Timika 4 70 unit dan Kabupaten Merauke di Perumahan Payum Asri Indah 52 unit.

“Khusus untuk Perumahan Apernas Bhayangkara kami membangun PSU jalan lingkungan sepanjang 796,5 meter dan berdampak langsung pada sekitar 177 unit rumah yang ada. PSU disalurkan berupa jalan beton mutu fc 25 mpa dengan ketebalan 15 cm dan lebar jalan empat meter sehingga hasil pembangunannya berkualitas,” terangnya.

Salah seorang warga Perumahan Apernas Bhayangkara yang tinggal di Blok E/12, Topan Rusdiyanto, 29, mengaku sangat senang pemerintah membangun jalan lingkungan yang baik di perumahan bersubsidi yang angsurannya tetap selama masa tenor KPR.

Dia menceritakan sebelum dibangun PSU tersebut, jalan lingkungan perumahan yang hanya timbunan tanah sering becek apabila hujan turun.

“Setelah mendapat bantuan PSU kini semuanya berubah karena kini jalan lingkungannya menjadi lebih baik dan anak-anak lebih suka kalau main sepeda di jalanan. Jalannya sekarang bagus dan kualitasnya juga oke. Terima kasih Kementerian PUPR sudah membangun jalan perumahan kami lebih bagus,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya