SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pertamina. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — PT Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah (JBT) meraih delapan penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) di Jakarta pada Rabu (17/1/2024).

Hal ini sebagai wujud komitmen dan implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) atau corporate social responbility (CSR).

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Di samping tugas mereka untuk mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di wilayah setempat guna mendukung ketahanan energi.

IGA merupakan penghargaan yang diberikan oleh La Tofi School of Social Responsibility (LSSR) kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan melalui berbagai ragam program inovatif.

Area Manager Communication, Relations, & CSR JBT PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho menguraikan delapan capaian penghargaan dengan predikat The Promising ini diraih oleh Fuel Terminal (FT) Rewulu Bantul, Fuel Terminal (FT) Maos Cilacap, FT Boyolali, Integrated Terminal (IT) Semarang, dan IT Cilacap.

Selain itu, Aviation Fuel Terminal (AFT) atau Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Soemarmo Boyolali, AFT Achmad Yani Semarang, dan AFT Adi Soetjipto Group Yogyakarta juga menyabet penghargaan tersebut.

Brasto menjelaskan FT merupakan depot atau lokasi penyimpanan BBM. IT merupakan depot terintegrasi antara BBM dan liquified petroleum gas (LPG). Sedangkan AFT merupakan depot bahan bakar pesawat.

Pihaknya memenangkan IGA Awards 2024 dalam kategori Rekayasa Teknologi dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Terbarukan yang dimenangkan oleh program SETARA Pandawa Patra FT Boyolali.

Kemudian kategori Mengembangkan Edukasi Perubahan Iklim dimenangkan oleh program Penyelamatan Lingkungan Inovasi Pengasapan Ikan IT Semarang Group, kategori Penyelamatan Sumber Daya Air dimenangkan oleh program Masyarakat Sobokerto Peduli Waduk Cengklik di AFT Adi Soemarmo.

Serta kategori Pengembangan Wisata Konservasi Alam yang dimenangkan oleh progran Desa Wisata dan Edukasi Sambilegi Kidul dari AFT Adi Sutjipto Group.

“Terdapat juga dua kategori yang masing-masing dimenangkan oleh dua program, yaitu kategori Pengorganisasian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang dimenangkan oleh program Ketapang Pelastri IT Cilacap dan program Pertaharjo Berdaya Bersama AFT Ahmad Yani serta kategori Pengembangan Perjalanan Pengolahan Sampah Terpadu yang dimenangkan oleh program Pengolahan Sampah Organik menjadi Briket Biomass dari FT Rewulu dan program Berdikari Mengelola Limbah Lingkungan TPST Sumpiuh FT Maos,” kata dia.

Brasto mengatakan pencapaian tersebut merupakan bukti keseriusan Pertamina dalam melaksanakan program TJSL untuk membangun kemandirian masyarakat di sekitar wilayah kerja operasi Pertamina, sehingga delapan depot di wilayahnya berhasil meraih penghargaan pada ajang IGA 2024.

“Alhamdulillah, ini adalah hasil sinergi teman-teman di lapangan dengan masyarakat sekitar lokasi perusahaan dan juga menjadi semangat kami untuk mempersiapkan diri menghadapi pemeringkatan PROPER tahun ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya