SOLOPOS.COM - Pertamina Patra Niaga memastikan ketersediaan stok BBM dan elpiji di Jawa Tengah dan DIY jelang Ramadan 2024. (Istimewa/Pertamina).

Solopos.com, SOLO—Pertamina Patra Niaga memastikan ketersediaan stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjelang Ramadan 2024.

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (8/3/2024), Area Manager Com, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, menjelaskan berdasarkan realisasi konsumsi tahun lalu, diperkirakan terjadi kenaikan konsumsi sebesar 4%-5%.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Kenaikan tersebut diprediksi terjadi pada periode Jumat-Minggu (8-10/3/2024). “Di mana persentase tersebut dibandingkan dengan rerata harian normal yaitu di periode Januari hingga Februari 2024,” terang Brasto.

Lebih lanjut Brasto menyebut tren konsumsi gas elpiji wilayah Jateng yang diestimasikan mengalami peningkatan cukup tinggi terjadi di Kota Salatiga, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Grobogan jelang Ramadan ini.

Untuk wilayah DIY, wilayah yang diprediksi mengalami peningkatan meliputi Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Kulon Progo.

Produk elpiji dan BBM jenis Gasoline yaitu Pertalite dan Pertamax Series juga diprediksi mengalami kenaikan konsumsi hingga 9% jika dibandingkan rata-rata harian normal Januari-Februari 2024.

Untuk memastikan pemenuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi tersebut, pihaknya memastikan keandalan operasional dimulai dari terminal, mobil tangki, hingga SPBU dan SPBE.

“Ketahanan stok saat ini untuk Solar di angka 13,4 hari, Pertalite 8,9 hari, seluruh BBM nonsubsidi di angka 10 -51 hari, elpiji 5 hari dan Avtur 35,4 hari, angka tersebut adalah angka yang mencukupi kebutuhan konsumen,” ungkap Brasto.

Terkait adanya libur Hari Suci Nyepi di hari pertama Ramadan yaitu pada Senin (11/3/2024), Brasto mengimbau apabila ingin memesan BBM nonsubsidi dan Bright Gas, konsumen dapat menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135.

“Melalui Pertamina Delivery Service, konsumen dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 dan kami akan mengirimkan tabung Bright Gas dari agen elpiji terdekat kami,“ ungkap Brasto.

Pertamina Patra Niaga juga berbagi keceriaan bersama konsumen dengan menghadirkan MyPertamina Tebar Hadiah 2024. Program tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi pelanggan setia Pertamax Series, Dex Series dan  Bright Gas yang transaksinya dilakukan melalui aplikasi MyPertamina.

“Tingkatkan transaksi anda dengan MyPertamina dan kumpulkan kupon undian pada periode 1 Maret hingga 31 Oktober 2024 dan menangkan paket haji Furoda hinggga BMW 320i, paket liburan, dan ratusan hadiah lainnya,” jelas Brasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya