SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (freepik)

Solopos.com, SOLO – Membangun aset adalah salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan atau masa pensiun.

Dari kaca mata bisnis, membangun aset bisa berarti mendatangkan keuntungan berlipat dalam jangka panjang. Aset yang terus dikembangkan memiliki manfaat ekonomi yang dapat diperoleh pada masa-masa mendatang.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Untuk meningkatkan aset, seseorang perlu memahami manajemen aset. Dengan pengelolaan aset yang benar dan jelas maka jumlah sumber pendanaan ke depan akan tetap bahkan lebih stabil.

Terdapat beberapa cara yang mungkin dapat Anda coba untuk meningkatkan aset di masa depan seperti dikutip dari laman pegadaian.co.id dan sumber lain belum lama ini.

Berinvestasi di pasar modal

Salah satu tips menabung untuk melipatgandakan aset adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Terdengar rumit? Tidak juga, selama Anda tahu caranya dan mau terus belajar.

Ada juga dapat memilih beberapa jenis investasi yang dapat Anda coba adalah valuta asing, saham, investasi emas, deposito, atau reksa dana.

Beli aset bernilai jual tinggi

Bila penghasilan Anda sudah lebih dari cukup, saatnya Anda menggunakan uang simpanan untuk membeli aset yang nilai jualnya bisa lebih tinggi daripada saat dibeli, misalnya, tanah atau bangunan (rumah).

Anda juga perlu mempertimbangan lokasi properti yang Anda beli. Pilihlah lokasi yang strategis seperti di perkotaan di mana nilai tanah dan properti selalu meningkat setiap tahun. Kalau Anda tidak ingin menempati rumah tersebut, Anda bisa menyewakannya kepada orang lain atau membuka bisnis penginapan atau kos. Anda juga dapat membeli batangan emas yang dapat Anda jual ketika harganya naik nanti.

Diversifikasi investasi

Sekilas, tips menabung untuk jadi kaya di masa depan ini mengingatkan Anda pada pepatah “jangan kumpulkan semua telurmu di dalam satu keranjang”. Daripada berisiko kehilangan semua uang Anda, jangan simpan di satu tempat yang sama. Mungkin ada yang tetap Anda tabung, sementara sisanya bisa Anda gunakan untuk investasi atau biaya asuransi. Anggap saja yang Anda lakukan adalah mempersiapkan dana cadangan untuk kondisi darurat.

Jangan menunggu tua

Kapankah sebaiknya memulai investasi? Sekarang. Bahkan, kalau bisa dari kemarin. Jangan menunggu tua dulu baru berinvestasi, karena sedini mungkin jauh lebih baik. Sayangi diri sendiri dan keluarga sebelum terlambat.

Gaya hidup hemat

Ini salah satu tips menabung untuk jadi kaya di masa depan yang masih berlaku, meski tidak berarti Anda harus pelit dengan diri sendiri. Menghemat mati-matian setiap hari dengan membeli dan makan makanan instan yang memang murah tapi tidak bergizi amat tidak disarankan. Bukannya tambah kaya, Anda bisa jatuh sakit dan malah harus membayar mahal biaya ke dokter dan obat-obatan.

Nah itulah sejumlah cara meningkatkan aset untuk bekal masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya