SOLOPOS.COM - Tim Gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang terdiri atas Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepada 160 pedagang makanan di Terminal Tirtonadi. Kamis (6/4/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Tim Gabungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang terdiri atas Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepada 160 pedagang makanan di Terminal Tirtonadi.

Tim Gabungan melakukan sidak makanan kedaluwarsa yang ada di Terminal Tirtonadi.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (6/4/2023), Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, mengatakan pihaknya terbuka dengan adanya sidak ini. 

“Kami terbuka dan sangat mendukung sekali adanya sidak ini. Karena makanan dan minuman cepat saji kedaluwarsa yang diedarkan yang dapat merugikan kesehatan masyarakat,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Bandi mengatakan secara internal pihaknya juga melakukan pemeriksaan secara berkala melalui pengurus paguyuban kios dan kantin di Terminal Tirtonadi. 

“Kalau secara internal kita selalu melakukan pembinaan dan pemantauan makanan, melalui paguyuban pedagang kios dan kantin. Hal ini kita lakukan secara berkala,” ujar dia.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak melaksanakan mudik, untuk selalu berhati-hati dalam membeli makanan cepat saji. Jangan sampai makanan yang seharusnya menyehatkan, malah membuat sakit.

“Masyarakat kita minta waspada, terutama saat membeli makanan. Periksa dulu tanggal kadaluwarsa di kemasan produk. Jangan sampai nanti malah sakit saat perjalanan mudik,” ujar dia.

Sementara salah seorang pedagang Wiwin mengaku dirinya makanan yang dia jual sebagian adalah titipan dari sales perusahaan. Makanan-makanan tersebut jika sudah kedaluwarsa akan diganti secara berkala oleh perusahaan.

“Ada beberapa yang sudah kedaluwarsa, tetapi tidak kita pajang. Makanan itu akan diambil sama sales-nya dan diganti yang baru,” jelas Wiwin

Untuk diketahui Terminal Tirtonadi sendiri telah menyandang predikat Terminal Sehat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan pada 2019 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya