SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (freepik)

Solopos.com, SOLO – Setiap orang berhak mendapatkan fase finansial freedom terutama untuk persiapan hari tua atau masa pensiun.

Tercapainya finansial freedom atau bisa dibilang kestabilan keuangan antara lain dapat dilihat dari fleksibilitas berinvestasi di manapun, seperti properti, investasi di reksa dana, ataupun saham.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Bayangkan di masa tua nanti Anda dapat menikmati waktu pensiun dengan santai bahkan dengan pemasukan yang cukup tanpa perlu bekerja.

Untuk itu Anda harus mulai merencakan investasi jangka panjang dengan bijak. Investasi jangka panjang adalah sebuah investasi yang dijalankan secara terus menerus dan dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Berikut Beberapa opsi investasi jangka panjang yang dilansir dari berbagai sumber, belum lama ini:

Saham

Saham dapat menjadi alternatif investasi dengan potensi keuntungan serta kerugian yang cukup besar. Untuk berinvestasi saham maka Anda harus mempelajari analisis fundamental dan teknikal untuk menilai potensi saham perusahaan tersebut.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan berasal dari kenaikan saham yang telah dibeli dan simpan dalam jangka waktu tertentu, serta pembagian dividen atau keuntungan yang akan dibagikan oleh perusahaan pada periode tertentu.

Reksa Dana

Reksa dana dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang baru saja memulai investasi jangka panjang. Reksa dana tidak begitu membutuhkan keahlian untuk menghitung risiko investasi, bahkan kamu tidak membutuhkan dana yang besar.

Anda dapat memulainya dengan dana yang tergolong kecil. Reksa dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi profesional dengan diversifikasi resiko, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan menjalankan investasi dengan tenang.

Investasi Emas

Emas menjadi salah satu investasi dengan resiko yang rendah. Nilai jual emas yang stabil menjadi salah satu alasan mengapa emas sampai hari ini masih konsisten menjadi pilihan banyak orang untuk investasi jangka panjang. Bentuk dari investasi emas juga kini semakin beragam, dari emas fisik hingga tabungan emas. Anda dapat memperhatikan fluktuasi emas untuk menentukan saat yang tepat untuk membeli dan menjual emas.

Kripto

Kripto adalah uang digital/virtual yang dilindungi kode rahasia. Kode rahasia ini digunakan untuk mengamankan transaksi keuangan, memverifikasi transfer aset, dan mengontrol penciptaan unit tambahan. Contoh mata uang kripto yang terkenal adalah Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan lain-lain.

Walaupun belum diterima sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, kripto memiliki potensi kenaikan yang tinggi sebagai mata uang digital. Dengan kripto, transaksi digital dapat berlangsung lebih cepat, mudah, dan aman.

Properti

Sejak tahun 2000, investasi property menjadi hal yang sangat menjanjikan. Instrument investasi ini membutuhkan dana yang cukup besar, namun akan memberikan peluang keuntungan yang lebih besar bertahun-tahun setelahnya. Harga tanah maupun bangunan umumnya terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, hal ini turut dipengaruhi dengan lahan yang semakin padat penduduk, maka bangunan serta tanah menjadi salah satu asset yang menjanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya