SOLOPOS.COM - Ilustrasi persewaan mobil (Freepik).

Solopos.com, SOLO – Libur Lebaran disambung long weekend pada akhir April membawa berkah tersendiri bagi para   pelaku bisnis penyewaan atau rental mobil di Soloraya yang kewalahan melayani permintaan konsumen. Tak  sedikit pemudik yang memperpanjang masa sewa mobil hingga akhir pekan ini.

Lantas jenis mobil apa yang paling laris disewa?

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Para pemudik yang berniat pulang ke kampung halaman memesan mobil jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Mereka menyewa mobil untuk bepergian bersama keluarga ke rumah sanak famili atau rekan kerja saat libur Lebaran. Lantaran long weekend, mereka memperpanjang masa sewa mobil sebelum pulang ke daerah perantauan.

Seorang pengusaha rental mobil, Bagus Wahyu A.R., mengatakan tingginya permintaan sewa mobil terjadi pada pertengahan bulan puasa. Sebagian besar konsumen merupakan kaum boro yang pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. “Sebelum Lebaran, stok mobil full booked sampai 25 April. Ada yang menyewa mobil lima hari-sepekan saat libur Lebaran,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (29/4/2023).

Sebagian pemudik terutama aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan perusahaan telah pulang ke perantauan seiring berakhirnya masa cuti bersama Lebaran pada beberapa hari lalu. Namun, masih banyak pemudik yang menghabiskan waktu bersama keluarga di kampung halaman.

Mereka memperpanjang masa sewa mobil hingga akhir pekan ini lantaran long weekend. “Sekarang stok mobil di garasi habis karena masih disewa oleh konsumen. Mereka mengembalikan mobil pada Senin (1/5/2023). Jadi, stok mobil ready pada bulan depan,” ujar dia.

Menurut Bagus, mobil yang paling laris disewa konsumen merata di masing-masing kelas, yakni premium dan city car. Kelas premium seperti Toyota Innova Reborn diincar pemudik lantaran berkapasitas penumpang lebih banyak dan memiliki kesan elegan dan mewah.

Sedangkan, pemintaan sewa mobil kelas menengah seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga tinggi. “Tarif sewa mobil kelas premium di atas Rp650.000 per hari. Sedangkan, tarif mobil kelas menengah dibanderol Rp500.000 per hari,” papar dia.

Biasanya, mobil sewaan itu digunakan untuk mengunjungi sanak famili di luar daerah dan berekreasi ke objek wsiata. Sehingga, tak cukup hanya menyewa satu hari. Terlebih, libur Lebaran dilanjutkan long weekend hingga awal Mei.

Pengusaha rental mobil lainnya, Susilo mengatakan kondisi bisnis sewa mobil saat Lebaran pada tahun ini mendekati periode yang sama sebelum muncul pandemi Covid-19. Dia mengaku bersyukur aktivitas ekonomi pulih sehingga bisnis jasa transportasi kembali panen cuan saat Lebaran.

“Periode Lebaran memang menjadi peak season bisnis sewa mobil di setiap daerah. Momen ini paling ditunggu pelaku bisnis rental mobil karena mendapatkan keuntungan berlipat ganda,” kata dia.

Harga sewa mobil di Solo saat Lebaran 2023 ini disebut lebih mahal dibandingkan dengan hari-hari biasa. Misalnya saja, untuk mobil Daihatsu Ayla di hari biasa hanya dikenakan biaya Rp500.000 per hari sudah termasuk dengan sopir.

Sementara itu, salah satu penyedia rental mobil di Solo yakni Aziz Rental, Bayu Aziz Wibowo, mengatakan kenaikan harga rental mobil di Solo mendekati Lebaran 2023 berkisar antara 20 hingga 30 persen.

“Kenaikan tarifnya masih masuk akal, sekitar 20 sampai 30 persen, tergantung tujuannya ke mana. Yang pasti kemungkinan tahun ini akan lebih ramai dibandingkan tahun lalu, sekarang saja dari 10 mobil yang saya punya sudah ada enam yang disewa dan sudah dibayar di depan,” jelas Aziz kepada Solopos.com, Kamis (30/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya