SOLOPOS.COM - Pameran Plastics and Rubber Indonesia 2014 di JI Expo, Jumat (21/11/2014). (Rachman/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–Permintaan bahan baku plastik dan barag jadi plastik mengalami tren penurunan pada September 2022 membuat sejumlah pelaku industri menyiapkan sejumlah strategi.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiyono mengatakan ada tiga strategi yang disiapkan untuk mengantisipasi kondisi tersebut.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Di antaranya, peningkatan fleksibilitas packaging, memperluas jangkauan di pasar online untuk produk makanan jadi dan beras, serta mengoptimalkan packaging di pasar jasa pengiriman barang,” ujar Fajar kepada Bisnis.com, Senin (17/10/2022).

Strategi-strategi tersebut disiapkan sebagai aksi jemput bola pelaku industri ke sisi permintaan yang dinilai masih baik.

Seperti halnya upaya perluasan jangkauan ke produk beras di pasar online. Langkah itu, kata Fajar, perlu diambil menyusul impor plastik dan barang dari plastik yang mengalami penurunan sebesar 17,49% secara bulanan (month-to-month/mtm) pada September 2022.

Menurut Fajar, lemahnya permintaan terhadap produk barang jadi plastik di pasar domestik merupakan efek bola salju dari lesunya daya beli masyarakat segmen menengah ke bawah.

Terutama, untuk produk-produk ritel modern seperti makanan nonpokok, minuman sasetan, kosmetik, serta peralatan rumah tangga, komponen otomotif, material bangunan, serta tekstil dan garmen.

Akibatnya adalah barang jadi plastik hanya menumpuk di gudang-gudang produsen dan menjadi penyebab langsung berkurangnya impor bahan baku plastik dan barang jadi plastik pada September 2022.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Permintaan Terhadap Plastik Turun, Ini Strategi yang Disiapkan Pelaku Industri

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya