SOLOPOS.COM - Wedding gathering The Alana Solo di Arcadia Ballroom The Alana Solo Rabu (15/2/2023) untuk menyajikan program paket pernikahan yang disediakan The Alana Solo. (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO – Permintaan paket wedding di hotel diperkirakan melonjak tajam selepas Lebaran. Di Hotel Alana, terdapat satu paket wedding yang dibanderol seharga Rp141 juta.

Paket pernikahan di hotel mulai meningkat pascapandemi lantaran pemerintah telah mencabut pembatasan sosial. Seusai Lebaran, banyak masyarakat yang menggelar hajatan pernikahan di bulan Syawal. Saking banyaknya hajatan pernikahan, bulan Syawal kerap disebut dengan musim menikah. Tak hanya di gedung pertemuan, tak sedikit masyarakat yang menggelar resepsi pernikahan di hotel lantaran dianggap lebih praktis atau tidak ribet.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Sistho A. Sreshtho, mengatakan paket wedding di hotel merupakan salah satu program yang paling diminati masyarakat. Biasanya, acara wedding di hotel digelar pada weekend yakni Sabtu atau Minggu.

“Memang bulan Syawal banyak masyarakat menggelar hajatan pernikahan., termasuk di hotel. Namun, pemesan wedding di hotel harus dilakukan jauh-jauh hari. Ruang pertemuan atau ballroom kosong atau sudah dipesan oleh orang lain,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (5/5/2023).

Menurut Sistho, paket wedding di hotel diperkirakan menjadi primadona masyarakat yang menggelar hajatan pernikahan sepanjang 2023. Hal ini tercermin dalam penjualan paket wedding sepanjang 2022 yang tumbuh signifikan.

Dia mencontohkan, The Alana Hotel mampu menjual 60 paket wedding sepanjang 2022. Artinya, ada lima-tujuh hajatan pernikahan yang digelar di hotel setiap bulan. “Saat pandemi, tidak ada masyarakat yang menggelar hajatan pernikahan di hotel selama dua tahun. Kemudian, permintaan paket wedding mulai meningkat sejak 2022. Tahun ini, paket wedding bakal terus tumbuh karena sudah tidak ada lagi pembatasan sosial,” kata dia.

Guna menarik minat konsumen, hotel-hotel di Solo menggeber beragam program paket resepsi pernikahan. Mulai dari tradisional, modern, maupun internasional. Tentunya, masing-masing hotel juga menawarkan promo menarik bagi pasangan pengantin yang naik ke pelaminan. “Harga paket wedding juga bervariatif tergantung pilihan konsumen,” papar dia.

Untuk diketahui, paket wedding di The Alana Hotel terbagi untuk beberapa kategori. Untuk Jatukrama package dengan konsep paket piring terbang bagi 300 tamu dibanderol senilai Rp141.100.00. Sementara untuk truly love package dengan sistem buffett bagi 300 orang tamu dibanderol senilai Rp121.700.000.

Sementara itu, Ketua PHRI Solo, Abdullah Soewarno mengatakan paket wedding di hotel melibatkan event organizer, pelaku usaha rias pengantin dan dekorasi, sound system hingga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sehingga, paket wedding mampu menggerakkan berbagai sektor ekonomi di Kota Bengawan. Tentunya, berdampak positif terhadap perekonomian daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya