SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat-melihat koleksi busana muslim dalam bazar produk fesyen, Sweetland Ramadan di Atrium Solo Paragon Mall, pada Minggu (9/4/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Tingkat konsumsi pada periode Lebaran 2023 diproyeksikan meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Konsumsi masyarakat diperkirakan meningkat lima persen-6,5 persen dengan pertumbuhan ekonomi berkisar tiga persen-empat persen.

Pengamat Ekonomi asal Universitas Sebelas Maret (UNS), Bhimo Rizki Samudro, mengatakan tingkat konsumsi masyarakat diperkirakan cenderung meningkat saat periode Lebaran 2023. Hal ini dipengaruhi pola dan tren konsumsi masyarakat pascapandemi Covid-19.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Pada 2022, tingkat konsumsi saat periode Lebaran bekisar 4,7 persen-5,5 persen. Periode yang sama pada tahun ini cenderung meningkat. Bisa di kisaran 5 persen-6,5 persen,” ujar dia, saat dihubungi Solopos.com, Senin (10/4/2023).

Bhimo menyebut peningkatan konsumsi masyarakat saat periode Ramadan dan Lebaran tak lepas dari pulihnya aktivitas ekonomi dan usaha setelah diterjang badai pandemi Covid-19 selama lebih dari dua tahun. Hal ini berimplikasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi baik secara nasional maupun daerah.

Apabila pertumbuhan ekonomi meningkat maka diikuti dengan peningkatan konsumsi masyarakat di daerah. “Faktor pertumbuhan ekonomi ini secara penyebab konsumsi masyarakat meningkat secara makro. Termasuk yang terjadi di Solo dan sekitarnya,” ujar dia.

Sementara penyebab konsumsi masyarakat meningkat secara mikro yakni perubahan pola masyarakat dalam mengakses produk keuangan. Kini, masyarakat lebih mudah mendapat akses pinjaman dana secara cepat dan praktis yang ditopang kecanggihan teknologi.

Masyarakat bisa meminjam dana melalui pinjaman online (pinjol) baik legal maupun ilegal. “Belum lagi ada metode pembayaran paylater e-commerce. Masyarakat bisa membeli barang, sementara pembayaran dilakukan di kemudian hari. Ini juga memicu konsumsi masyarakat meningkat dari sisi ekonomi mikro,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya