SOLOPOS.COM - Ilustrasi entitas NFT (freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Bisnis Non-Fungible Token (NFT) beberapa hari terakhir jadi perbincangan. Hal ini setelah seorang pemuda bernama Ghozali sempat menggemparkan media sosial karena bisnis NFT miliknya disebut sukses besar.

Bisnis berbasis teknologi blockchain ini menjadi harapan bagi beberapa orang yang menginginkan karyanya dikenal dan diapresiasi lebih luas. Karena dalam situs jual beli NFT, karya yang diunggah memiliki harga yang tinggi.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Setiap karya yang dijual dalam situs jual beli NFT, uang yang digunakan adalah Ethereum. Per 0,0010 Ethereum-nya, memiliki harga Rp47.700. Namun sebelum terjun dalam bisnis jual beli NFT, Anda harus mengerti kelebihan dan kekurangan dalam aset digital ini.

Baca juga: Disebut Bisa Hasilkan Miliaran Rupiah, Ini Cara Jual Beli di NFT

Diketahui, NFT merupakan aset digital yang mewakili barang berharga seperti karya seni yang memiliki nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan.

NFT tidak dapat digandakan atau diganti sehingga hal yang bisa kamu lakukan adalah menjual atau membelinya. Kepemilikan aset nantinya dapat diklaim dari token digital yang Anda miliki.

Selain itu, NFT memiliki sifat tetap dan akan selalu meninggalkan jejak digital. Sehingga nantinya token NFT tak dapat diubah, dihapus dan diganti. NFT pun bersifat unik yang menjadikan barang yang dijual memiliki identitas khusus.

Baca juga: Disebut Raup Miliaran Rupiah Lewat NFT, Ghozali Dicolek Ditjen Pajak

Nah, berikut kelebihan dan kekurangan NFT yang perlu Anda ketahui dikutip Solopos.com dari Bisnis.com:

Kelebihan NFT

1. NFT bersifat unik dan dapat dikoleksi. Karena objek digital hanya ada satu-satunya, Anda bisa mengoleksi sejumlah aset digital sesuai keinginan.

2. NFT tidak dapat dihapus, dihancurkan, atau direkayasa.

3. Adanya kelangkaan NFT dapat berpengaruh pada naiknya nilai objek digital.



4. NFT dapat dipercaya karena penggunaan token tidak dapat ditukarkan.

Kekurangan NFT

1. Tidak dapat dibagi menjadi nilai yang lebih kecil sehingga Anda harus membayar penuh.

2. NFT dapat dicuri. Apabila marketplace tempat Anda membeli tutup, tidak ada jaminan kalau aset yang Anda miliki aman karena bentuk aset dari NFT adalah aset digital.

3. Aturan mengenai NFT belum diatur dan tidak ramah pengguna.

4. keberadaan bisnis NFT termasuk ke dalam kategori pasar spekulatif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Marco Bezzecchi Naik Podium, Pertamina Lubricants Puas

Marco Bezzecchi Naik Podium, Pertamina Lubricants Puas
author
 , 
Akhmad Ludiyanto Senin, 29 April 2024 - 14:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team Marco Bezzecchi naik podium ketiga pada Grand Prix Spanyol di Surkuit Jerez, Minggu (28/4/2024). Sedangkan Di Giannantonio finis di posisi ketujuh.

Atas hasil tersebut, pihak Pertamina Lubricants selaku sponsor tim MotoGP, Pertamina Enduro VR46 Racing Team, sangat puas dengan performa dua pembalapnya tersebut.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Sejak awal, Pertamina Enduro memang melihat performa Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio sangat bisa diandalkan. Meski di beberapa seri awal mengalami kesulitan, tapi mereka selalu menegaskan bahwa ini hanya masalah waktu. Dan hari ini mereka membuktikan meraih hasil yang baik. Keduanya terlihat mulai bisa beradaptasi dengan baik dengan karakter Ducati Desmosedici GP23,” kata Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Werry Prayogi seperti dikutip Solopos.com dari Antara dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Koran Solopos

“Mulai dari hasil sesi kualifikasi yang kompetitif bagi Marco dan Diggia, juga karena hasil feature race atau full race yang membuat penggemar Pertamina Enduro VR46 Racing Team di Indonesia dan seluruh dunia jadi bangga. Kami tentunya berharap hasil ini bisa lebih baik lagi di seri-seri selanjutnya dan membuat merek pelumas terbesar asal Indonesia ini lebih dikenal dunia. Bukan hanya karena kualitasnya di kendaraan harian, namun juga pembuktiannya dalam kondisi ekstrem di lintasan balap,” tambahnya.

Keberhasilan Bezzecchi naik ke podium di Spanyol merupakan podium pertama bagi Pertamina Enduro VR46 pada musim ini. Ia memang sudah tampil bagus sejak kualifikasi dengan berhasil mengamankan posisi start di posisi kedua.

“Pertama-tama saya ingin berterima kasih kepada segenap tim yang telah bekerja keras untuk hasil ini, mereka tidak pernah menyerah dan kami mempercayainya. Di sini, di Jerez, saya merasa sangat bagus, bahkan saat kemarin, ketika saya terjatuh (saat mengikuti sprint race) menjelang akhir,” kata Bezzecchi seusai balapan.

Emagazine Solopos

Dengan hasil bagus di Grand Prix Spanyol, Bezzecchi kini menduduki posisi kesembilan di klasemen dengan 36 poin, sedangkan Di Giannantonio berada di posisi kesepuluh dengan 34 poin.

Ajang MotoGP akan kembali dilanjutkan di Grand Prix Prancis, pada 12 Mei 2024.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

PDIP dan PKS Harapan Terakhir Jadi Parpol Oposisi

PDIP dan PKS Harapan Terakhir Jadi Parpol Oposisi
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Senin, 29 April 2024 - 14:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sebanyak 18 bendera parpol peserta Pemilu 2024 dipasang bersama secara simbolis di Jl. Lawu Karanganyar, Selasa (26/9/2023). (Bayu Jatmiko Adi) 

Solopos.com, SOLO — Peneliti senior dari Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Lili Romli, mengatakan bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi harapan terakhir untuk duduk di kursi oposisi.

Menurutnya kekuatan oposisi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih tetap dibutuhkan secara signifikan agar ada kontrol serta pengawasan terhadap pemerintah. Jika tidak ada oposisi, menurutnya kebijakan yang dimunculkan cenderung merugikan rakyat seperti di era Orde Baru.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Kalau semuanya masuk, ya wassalam, DPR betul-betul tidak memainkan peran,” kata Lili dalam kegiatan webinar bertajuk Quo Vadis Demokrasi Indonesia Pasca-Putusan Mahkamah Konstitusi yang dipantau dari Jakarta, Senin (29/4/2024).

Dia menilai saat ini Presiden Terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto ingin merangkul semua partai yang ada di luar koalisi pendukungnya, yakni Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), hingga PKS.

Koran Solopos

Namun belakangan, Prabowo baru melakukan komunikasi secara langsung dengan Nasdem dan PKB. Walaupun begitu, dia menilai PPP dan PKS pun ingin diajak bergabung ke koalisi Prabowo tersebut.

“Yang tersisa adalah PDIP. Nah kalau PDIP kita ketahui juga ada dua faksi yang ingin tetap menjadi oposisi, dan ada yang ingin bergabung,” kata dia sebagaimana dilansir Antara.

Dia juga mengatakan ada sejumlah anggapan-anggapan bahwa para anggota DPR akan tetap memainkan fungsi pengawasan walaupun partainya berkoalisi dengan pemerintahan. Namun, dia menilai pengawasan itu tidak akan setajam jika partai dari anggota DPR tersebut menjadi oposisi.

Emagazine Solopos

Untuk itu, dia mengatakan bahwa demokrasi akan tetap bertahan jika tokoh-tokoh politik dan petinggi partai berkomitmen untuk menjadikan demokrasi sebagai sistem bernegara di Indonesia, dan tidak ada selintas pemikiran pun untuk kembali ke otoritarianisme seperti di masa silam.

Menurutnya saat ini ada dengungan-dengungan agar Indonesia kembali menganut Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 murni yang belum diamandemen. Dia mengatakan bahwa UUD tersebut justru membentuk pemerintahan otoriter, baik pada masa Orde Baru maupun masa Demokrasi Terpimpin.

“Saya berharap ada komitmen partai-partai dan elite politik untuk menjadikan demokrasi sebagai bentuk pemerintahan terbaik untuk Indonesia,” kata dia.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

15 Anggota Panwascam Pemilu 2024 Kota Solo Jalani Evaluasi Kinerja

15 Anggota Panwascam Pemilu 2024 Kota Solo Jalani Evaluasi Kinerja
author
Kurniawan , 
Ahmad Mufid Aryono Senin, 29 April 2024 - 14:31 WIB
share
SOLOPOS.COM - Anggota Panwascam Kota Solo yang bertugas di Pemilu 2024 mengikuti evaluasi kinerja di SMA Batik 1 Solo, Minggu (28/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo mengevaluasi kinerja panitia pengawas tingkat kecamatan (Panwascam), Minggu (28/4/2024).

Panwascam yang dievaluasi berjumlah 15 orang adalah yang telah menjalankan tugasnya pada Pemilu 2024. Evaluasi yang dilakukan secara online dan serentak di kabupaten/kota se Jawa Tengah (Jateng) itu merupakan upaya membentuk Panwascam.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, evaluasi dilakukan di SMA Batik 1 Solo sesuai SK Bawaslu Nomor 193/HK.01.01/K1/042024 tentang Juknis Penilaian Kinerja Panwaslu Existing dalam Rangka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Pilkada 2024.

Di situ diatur mekanisme pembentukan Panwascam menggunakan mekanisme evaluasi kinerja dan evaluasi atasan langsung, kepada Panwascam yang bekerja di Pemilu 2024. Di Solo ada 15 Panwascam existing, yaitu tiga orang per kecamatan.

Koran Solopos

Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono, menjelaskan ada dua mekanisme penilaian, yaitu penilaian kinerja melalui portofolio, serta penilaian atasan langsung. Masing-masing penilaian tersebut memiliki bobot berturut-turut 40 persen dan 60 persen.

“Setelah peserta existing menjalani tes, kami berlima [komisioner Bawaslu Solo] mengadakan pleno untuk memberikan penilaian terhadap portofolio kinerja [Panwascam] dan bukti-bukti pendukung yang telah disampaikan peserta,” ujar Budi Wahyono.

Dia menjelaskan selanjutnya hasil pleno akan dikonsultasikan kepada Bawaslu Jateng sebelum diumumkan kepada publik. Sesuai Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam untuk Pemilihan 2024, pembentukan Panwascam dalam dua mekanisme.

Emagazine Solopos

Mekanisme pertama evaluasi, dan mekanisme berikutnya perekrutan baru. Hal itu sesuai SK Bawaslu RI Nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024. Perekrutan baru dilakukan bila terdapat Panwascam existing yang tidak lolos dalam tahap evaluasi tersebut.

Guna mengisi kekosongan jabatan, selanjutnya Bawaslu Solo melakukan perekrutan Panwascam sesuai kebutuhan di kecamatan. Hasil evaluasi akan diterapkan dan diumumkan melalui website Bawaslu Solo dan Kantor Bawaslu Solo.

Pengumuman dilakukan pada 2 Mei 2024. “Prosedur awal sudah kami lakukan, selanjutnya kami tunggu hasil evaluasi kinerja existing. Tidak menutup kemungkinan kami buka rekrutmen baru, jika anggota existing tak lolos,” urai dia.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories