SOLOPOS.COM - Pintu Gerbang Kedatangan Domestik di Bandara Adi Soemarmo yang berada di bawah naungan Angkasa Pura I. Senin (10/4/2023). (istimewa)

Solopos.com, SOLO – Pergerakan penumpang di Bandara Adi Soemarmo mengalami peningkatan sekitar 146 persen dibanding periode yang sama pada 2022. Pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan signifikan hingga 100 persen.

Gelombang mudik mulai terlihat di Bandara Adi Soemarmo sepekan menjelang Lebaran atau H-7 Lebaran. Penumpang yang tiba di bandara berasal dari sejumlah bandara di Jakarta, Bali, dan Pontianak, Kalimantan Barat.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Gerrie Razzaq mengatakan pergerakan penumpang di Bandara Adi Soemarmo mulai meningkat sejak akhir pekan lalu. “Pada 16 April atau H-7 Lebaran, pergerakan penumpang meningkat 146 persen dibanding periode Lebaran 2022. Hal ini berimbas pada peningkatan pergerakan pesawat yang mencapai 100 persen,” kata dia saat diwawancarai wartawan, Senin (17/4/2023).

Sebagian besar penumpang hendak pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Mereka sengaja mudik jauh-jauh hari guna menghindari keramaian trafik penumpang menjelang Lebaran. Hal ini sesuai anjuran pemerintah agar masyarakat melakukan mudik lebih awal guna mengantisipasi tingginya trafik penumpang dan pesawat.

Pergerakan penumpang dan pesawat diprediksi terus meningkat selama pekan ini. “Masa cuti bersama bagi aparatur sipil negara (ASN) mulai 19 April. Sehingga, kemungkinan besar para pegawai atau karyawan perusahaan mudik ke kampung halaman saat masa cuti bersama Lebaran.” ujar dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Ibnu Solikin, memprediksi pergerakan penumpang selama periode Lebaran meningkat 31 persen dibanding periode Lebaran 2022. Animo masyarakat meningkat lantaran tak ada lagi kebijakan pembatasan sosial.

Total jumlah penumpang saat periode Lebaran 2022 sebanyak 57.640 orang. “Pergerakan pesawat juga diprediksi meningkat sekitar 18 persen dibanding periode Lebaran pada tahun lalu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya