SOLOPOS.COM - Perempuan penjual online (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sambut Hari Perempuan Sedunia, pelaku UMKM perempuan Indonesia didorong untuk memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Melalui NIB tersebut, pelaku usaha disebut akan mendapat banyak keuntungan dalam mengembangkan usahanya ke depan.

Menyambut Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada 8 Maret 2023, Tokopedia bersama Kementerian Investasi Republik Indonesia (Kemenves RI)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus membantu pegiat UMKM, termasuk perempuan, memperoleh NIB secara online.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Komitmen itu disampaikan pada Konferensi Pers Sambut Hari Perempuan Sedunia: Tokopedia Bersama Pemerintah Lindungi dan Berdayakan Perempuan Pegiat Usaha dengan NIB yang juga digelar secara daring, Senin (6/3/2023).

Disampaikan, berdasarkan data Kemenves RI/BKPM, sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko telah menerbitkan NIB sebanyak 1,8 juta di tahun 2022. Total usaha kecil yang telah memiliki NIB mencapai 8,5%, sedangkan usaha mikro mencapai 91,5% selama 2022.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, mengatakan Tokopedia menjadi perusahaan e-commerce pertama yang berkolaborasi dengan pemerintah untuk memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB terhadap para pelaku UMKM. Bahkan sepanjang 2022 lalu, Tokopedia bersama pemerintah telah membantu lebih dari 5.000 pegiat UMKM, termasuk perempuan pelaku usaha dari seluruh penjuru di Indonesia, untuk mendaftar NIB.

Dia mengatakan berbagai pelatihan khusus untuk perempuan pelaku usaha, termasuk yang berkaitan dengan NIB, juga dilakukan oleh Tokopedia bersama para mitra strategis seperti pemerintah di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya melalui Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD).

“Ke depan, Tokopedia bersama Kemenves RI/BKPM akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku UMKM, khususnya perempuan, untuk memperoleh NIB. Ini demi memberikan perlindungan hukum serta pendampingan bisnis agar mereka bisa semakin berkontribusi ke perekonomian digital dalam negeri secara adil dan optimal,” jelas Rizky.

Sementara itu Staf Khusus dan Juru Bicara Kementerian Investasi RI/BKPM, Tina Talisa, menyatakan, mengatakan perlu dukungan semua pihak untuk memahamkan mengenai pentingnya NIB bagi pelaku usaha, terutama pada pelaku UMKM. Menurutnya peran Tokopedia dalam memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB kepada pelaku UMKM patut untuk mendapatkan apresiasi.

Dia mengatakan NIB adalah pintu masuk bagi para pelaku usaha, termasuk dari kalangan perempuan, dalam upaya mengembangkan usahanya. Disebutkan NIB penting untuk pengurusan dokumen lanjutan, seperti sertifikasi halal, SPP-IRT, SNI, dan lain sebagainya.

“Manfaat lain yang bisa didapatkan perempuan pelaku UMKM setelah memiliki NIB, yaitu lebih mudah mengakses pembiayaan [perbankan] untuk pengembangan usaha, lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah, memiliki kepastian atau perlindungan hukum terhadap usaha dan sebagainya,” kata Tina.

Stephanie Nursalim selaku Pemilik Usaha Morningsol, mengaku telah merasakan manfaat NIB untuk keberlanjutan usahanya. Dalam menjalankan usaha yang memberdayakan sejumlah perempuan perajin di Sukoharjo itu, Morningsol memanfaatkan platform daring Tokopedia untuk menjual berbagai jenis produk fesyen perempuan.

“NIB memudahkan kami menjadi Official Store di Tokopedia, sehingga usaha kami menjadi semakin kredibel. Penjualan Morningsol pun hampir 50% terjadi lewat Tokopedia,” kata dia.

Pihaknya juga mengapresiasi upaya Tokopedia bersama pemerintah dalam memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB. Dengan begitu memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam memperoleh izin usaha.

Hal yang sama juga disampaikan pemilik usaha Kemayu and Co, Vica Mardika Wong. Produsen berbagai jenis pengharum ruangan khas Indonesia itu kini telah memberdayakan karyawan yang hampir seluruhnya perempuan. Menurut Vica, NIB telah membantunya dalam mengembangkan usaha.

“Setelah memiliki NIB dan menjadi Official Store di Tokopedia, Kemayu and Co mengalami peningkatan pesanan sekitar 6 kali lipat. Kami banyak mendapat pelanggan baru lewat Tokopedia,” kata Vica.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya