SOLOPOS.COM - Ada beberpa perbedaan BI Fast dengan layanan perbankan realtime online. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO —Bagi masyarakat khususnya para nasabah bank sering melakukan transfer dana, mungkin ingin tahu perbedaan BI Fast dengan realtima online.

Seperti diketahui belum lama ini Bank Indonesia (BI) meluncurkan layanan BI Fast yang merupakan sebuah infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional untuk memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat selama 24 jam sehari dalam satu pekan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Infrastruktur tersebut juga merupakan tonggak penting reformasi digitalisasi sistem pembayaran nasional

Meski sama-sama memiliki durasi transfer yang real-time dan bekerja 24 jam satu hari dalam satu minggu, BI Fast memiliki perbedaan dari layanan transfer online biasa atau realtime online.

Perbedaan pertama BI Fast dengan realtime online pertama adalah dari segi biaya. Melansir Antaranews, Kamis (14/7/2022) layanan BI Fast hanya mengenakan tambahan Rp2.500 saat melakukan transfer uang.

Baca Juga: Siap Pimpin Transisi Energi, Ini Jurus PLN Capai Net Zero Emission 2060

Sementara realtime online yang biasanya, nasabah dikenakan administrasi Rp6.500 per satu kali transfer kepada bank yang berbeda secara online maupun langsung.

Perbedaan BI-Fast dengan realtime online selanjutnya adalah dari besaran nominal transaksi. Dengan BI Fast, masyarakat juga bisa melakukan transfer lebih besar yakni hingga Rp250 juta per transaksi, berbeda dengan transfer online yang hanya sampai Rp100 juta per transaksi.

BI Fast disebut juga mengungguli Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang saat ini telah digantikan serta sistem Real Time Gross Settlement (RTGS).

Adapun transfer uang melalui SKNBI dan RTGS memiliki jeda waktu sekitar satu jam setelah rekening didebet, dengan biaya masing-masing Rp2.000 dan sekitar Rp25.000 per transaksi (tergantung masing-masing bank).

Baca Juga: Raih Penghargaan Internasional, BRI Apresiasi Kontribusi Insan BRILiaN

Namun baik BI Fast, transfer online, SKNBI, dan RTGS merupakan layanan transfer uang dalam negeri, sehingga belum bisa dilakukan untuk mengirim uang ke luar negeri.

Ke depan, diharapkan layanan ini bisa mengakomodir masyarakat yang akan melakukan transfer uang ke luar negeri, sama seperti halnya penggunaan Quick Code Response Indonesia Standard (QRIS) yang sudah mulai bisa dipakai antarnegara.

Itulah sejumlah perbedaan BI Fast dengan realtime online terkait dengan sistem transfer dana perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya