SOLOPOS.COM - Pengunjung pameran KKI 2023 di JCC, Jakarta, mengunjungi stan UMKM Solo, Jumat (28/7/2023). Salah satu UMKM Soloraya yang terlibat dalam pameran UMKM yang digelar Bank Indonesia itu adalah Batik Dwi Hadi, Solo.(Solopos/ Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Tinggal menunggu beberapa hari lagi menuju perayaan Hari UMKM Nasional yang digelar di Kota Solo.

Perayaan Hari UMKM Nasional tersebut mengusung tema Tranformasi UMKM Masa Depan yang akan berlangsung mulai Kamis-Minggu (10-13/8/2023).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dilansir dari Instagram Dinas Koperasi, Usaha, Kecil, dan Menengah (Dinkop UKM Perin), @dinkopukmperinsurakarta, pada Kamis (4/8/2023), ada beragam aktivitas menarik di berbagai titik di Kota Bengawan selama acara.

Beberapa agenda telah digelar sebelumnya, misalnya business matching UMKM kolaborasi pemerintah Kota Solo dengan Bank Indonesia, di Swissbell Hotel pada Selasa (18/7/2023).

Kepala Dinkop UKM Perin Solo, Wahyu Kristina, menguraikan temu bisnis ini merupakan salah satu langkah Pemkot Solo untuk memberikan akses pemasaran bagi UKM di samping pembinaan dan pelatihan yang telah diberikan.

Dalam temu bisnis tersebut pelaku UKM bisa bertemu secara langsung dengan pemilik toko ritel, toko oleh-oleh, dan distributor.

Setidaknya ada 50 UKM binaan Dinkop UKM Perin Solo yang ikut serta dalam acara tersebut. Sementara 50 UKM lain merupakan UKM dari Soloraya binaan BI Solo. Secara legalitas dan izin produk UKM tersebut telah terkurasi dengan baik.

Selain itu, Ina, sapaan akrabnya menjelaskan fasilitasi temu bisnis semacam ini menjadi cara paling cepat untuk pelaku UKM menjangkau pasar yang lebih luas.

“Daripada mereka [pelaku UKM] menyodorkan sendiri. Sekalian kami fasilitasi dalam satu hari, bisa dapat buyer [pembeli] yang cocok,” ujar Ina, saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara.

Agenda perayaan Hari UMKM Nasional dilanjutkan Kamis (20/8/2023), dengan kegiatan Lokita Young Entrepreneurship Challenge di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT) Kota Solo di Jebres, Kota Solo.

Selanjutnya acara perayaan dilanjutkan di Bintaro pada Minggu (6/8/2023) dengan acara bertajuk Hajatan UMKM Nasional bersama Grab Indonesia.

Kemudian dilanjutkan pada Rabu-Kamis (9-10/8/2023) di Swissbell Hotel, Kota Solo dengan kegiatan Entrepreneur Hub Solo: Menumbuhkan Kewirausahaan by Design melalui Ekosistem Kewirausahaan.

Pada Kamis-Jumat (10-11/8/2023) acara berlanjut di Hotel Asia dengan acara focus group discussion (FGD) Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

Acara puncak perayaan Hari UMKM Nasional Expo pada Kamis-Minggu (10-13/8/2023) di Pamedan Mangkunegaraan, Solo.

Puncak  perayaan ini bakal diisi dengan acara Coaching Clinic bagi Usaha, Kecil, dan Menengah (UKM).

Ada juga sosialisasi kelembagaan koperasi bagi UKM yang sudah siap berkoperasi. Serta rapat koordinasi pusat dan daerah terkait Transformasi Koperasi dan UMKM Masa Depan di Hotel Grand Mercure Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya