SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO— Petugas KAI Grup Daops 6 Yogyakarta mendapati salah satu penumpang yang hendak melahirkan di Stasiun Yogyakarta.

Dengan bantuan petugas KAI Daops 6 Yogyakarta yang juga terdiri dari dokter dan perawat, proses persalinan penumpang tersebut dapat berjalan lancar pada Minggu (26/2/2023) malam.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Disebutkan, pelanggan atas nama Puput Winda tersebut tiba di Stasiun Yogyakarta pada Minggu malam. Saat itu pelanggan baru saja turun dari KRL relasi Palur-Jogja. Menurut Manajer Humas Daosp 6, Franoto Wibowo, setelah turun dari KRL, penumpang tersebut duduk di kursi ruang tunggu Stasiun Yogyakarta.

Di saat bersamaan ada salah seorang petugas keamanan dalam (PKD) KAI yang sedang berkeliling mengontrol kondisi stasiun. “Kemudian [petugas itu] melihat pasien tersebut yang tengah merasa kesakitan sambil memegang perut,” kata dia dalam rilis, Senin (27/2/2023).

Selanjutnya PKD langsung menghampirinya dan menanyakan kondisi pasien tersebut. Namun setelah mengetahui bahwa penumpang tersebut hamil, PKD bersama Polsuska dan Petugas Passenger Service KAI Commuter (KCI) langsung membawanya ke Pos Kesehatan Stasiun Yogyakarta.

Kemudian di Pos Kesehatan, penumpang tersebut diperiksa oleh dokter yang sedang berjaga. Setelah diperiksa ternyata sang ibu hendak melahirkan. Setelah dibantu dokter, perawat umum dan Bidan dari KAI, pelanggan itu pun melahirkan tepat pada pukul 20.33 WIB.

Franoto mengatakan proses persalinan berjalan dengan lancar. Pelanggan tersebut melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan secara normal dan sehat. Setelah proses persalinan itu, KAI merujuk pasien tersebut beserta anaknya yang didampingi pihak keluarganya ke Rumah Sakit Bethesda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Proses pemindahan pelanggan menuju rumah sakit dilakukan menggunakan Ambulance Mediska KAI.

Franoto Wibowo mengimbau kepada seluruh pelanggan agar tidak segan-segan meminta bantuan atau pertolongan kepada petugas di dalam KA maupun di area stasiun jika membutuhkan bantuan.

“Para petugas KAI selalu siap berjaga 24 jam melayani pelanggan. Jangan segan-segan meminta pertolongan. Kami mengimbau untuk selalu menjaga kondisi, pastikan kondisi kesehatan baik ketika hendak berpergian dan jangan lupa terus mengutamakan keselamatan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya