SOLOPOS.COM - Pintu Gerbang Kedatangan Domestik di Bandara Adi Soemarmo yang berada di bawah naungan Angkasa Pura I. Senin (10/4/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO – Puncak arus balik Lebaran 1444 H gelombang kedua di Bandara Adi Soemarmo terjadi pada Senin (1/5/2023).

Jumlah penumpang baik yang datang maupun berangkat sebanyak 4.453 orang atau naik sekitar 45 persen dibanding periode yang sama pada Lebaran 2022.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Sementara, arus balik Lebaran yang cukup ramai juga terjadi di Bandara Adi Soemarmo pada Selasa (25/4/2023) seiring dengan berakhirnya masa cuti bersama Lebaran.

Para pemudik pulang ke perantauan menggunakan pesawat setelah merayakan Lebaran di kampung halaman. Pergerakan penumpang di bandara hingga, Selasa menembus 6.000 orang lebih.

Sementara, libur Lebaran disambung long weekend sampai awal Mei membuat sebagian pemudik menunda untuk pulang ke daerah perantauan. Mereka tinggal lebih lama di kampung halaman dan pulang ke perantauan saat long weekend.

“Puncak arus balik Lebaran gelombang kedua terjadi pada Senin. Kami mencatat jumlah penumpang di bandara sebanyak 4.453 orang. Dibanding periode yang sama pada Lebaran 2022, ada kenaikan jumlah penumpang sekitar 45 persen,” kata Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Gerrie Razzaq, Selasa (2/5/2023).

Gerrie menyebut mayoritas penumpang menggunakan pesawat dengan tujuan Jakarta baik Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Namun banyak pula penumpang pesawat dengan tujuan Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

Sebagian besar penumpang juga telah memesan tiket pesawat jauh-jauh hari untuk pulang ke daerah perantauan.

“Hari ini, traffic penumpang masih tinggi. Diperkirakan pergerakan penumpang di bandara sebanyak 3.700 orang. Mungkin, sebagian kecil pemudik yang pulang ke perantauan setelah libur panjang disambung long weekend,” ujar dia.

Angkasa Pura juga mencatat terjadi peningkatan pergerakan pesawat hingga 100 persen selama periode libur Lebaran.

Selama arus mudik dan balik Lebaran, pengelola bandara mendirikan posko terpadu guna menyokong kelancaran arus mudik dan balik Lebaran serta menjamin keamanan dan keselamatan penumpang.

“Secara umum, arus mudik dan balik berjalan lancar. Masyarakat menggunakan pesawat untuk mudik ke kampung halaman. Dan pulang ke perantauan juga menggunakan pesawat,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya