SOLOPOS.COM - Suasana jual beli di pusat jual beli handphone di Plaza Singosaren, Kota Solo, pada Senin (1/5/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Pusat jual beli handphone (HP) Plaza Singosaren, Kota Solo, masih ramai diserbu pembeli pascalebaran. Merek HP Samsung paling banyak dicari pembeli baik pembeli HP baru maupun bekas.

Ketua Paguyuban Pelaku Bisnis Pasar Singosaren (Pakubaris), Dendy Noviandra, menjelaskan terjadi kenaikan sebanyak 15% penjualan HP baik baru ataupun bekas. Namun mayoritas pembeli memilih untuk mencari HP baru daripada seken.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Ada peningkatan sekitar 15%, banyak pelanggan baru,” ujar Dendy saat dihubungi Solopos.com, Senin (1/5/2023).

Menurut Dendy, walaupun banyak yang meminati HP baru, sistem pembayaran tukar tambah juga ramai pembeli. Pembeli HP baru ataupun seken paling banyak mencari merek Samsung untuk mengganti gadget lamanya.

Tren peningkatan pasar jual beli HP di Plaza Singosaren memang bisa dipastikan yakni setiap empat bulan dalam setahun. Salah satunya yakni saat momen Lebaran.

Ia bisa menjual dua kali lipat jumlah produk ketika high season dalam empat bulan tersebut.

Hari-hari biasa pada satu toko miliknya paling tidak bisa menjual 10 hingga 15 HP. Sedangkan ketika high season bisa mencapai 20 hingga 30 HP bisa terjual.

Dendy mengatakan saat ini sebanyak 70% bisnis retail HP dengan sistem tukar tambah. Ia menjual semua brand HP yang dipasok dari distributor dari Semarang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tempat parkir di Plaza Singosaren tampak penuh.

Ketika memasuki Plaza Singosaren tampak para sales tengah melayani pembeli, banyak remaja dan anak-anak yang didampingi orang tua mereka saat memilih jenis baru yang ingin dibawa pulang.

Salah satu warga Klaten, Aulia Widiani, 27, mengaku sengaja datang ke Plaza Singosaren untuk mengganti gadget lawas miliknya. Ia memilih membeli HP baru daripada seken karena mempertimbangkan anggaran keuangannya.

“Beli HP baru karena ada sisa THR [Tunjangan Hari Raya] setelah Lebaran kemarin. Cari HP yang rentang harga Rp5 jutaan, kalau enggak Samsung ya Poco saja,” papar Riski, pada Senin.

Menurutnya, pilihan HP di Singosaren terbilang lengkap. Ditambah banyaknya pilihan toko-toko HP sehingga ia tidak kesulitan. Dalam memilih toko ia cenderung memilih toko yang paling ramai pembeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya